Ciri Ciri Dan Komplikasi Hipertensi

ciri ciri hipertensi dan komplikasinyaSalah satu masalah kesehatan yang perlu ditangani dengan serius yaitu penyakit darah tinggi atau disebut juga dengan hipertensi. apabila angka tekanan darah sudah mencapai 139/89 mmHg, maka sudah dianggap tinggi dan disebut hipertensi.

Komplikasi Hipertensi

Komplikasi yang ditimbulkan akibat hipertensi dibiarkan, adalah sebagai berikut :

Kerusakan pada jantung.
yaitu pembesaran otot jantung kiri yang berakhir dengan gagalnya jantung menjalankan fungsinya untuk memompa darah ke seluruh tubuh. keadaan ini ditandai dengan bengkak pada kaki dan kelopak mata. cepat lelah, dan sesak napas.

⇒ Kerusakan pada ginjal.
Ginjal yang rusak amat berbahaya karena dapat mengakibatkan gagalnya fungsi ginjal untuk mengeluarkan zat-zat berbahaya dan zat yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh. Penderita akhirnya memerlukan cuci darah.

⇒ Kerusakan pada mata.
Organ penglihatan pun dapat terkena komplikasi penyakit hipertensi. Kerusakan pada mata dapat menyebabkan gangguan penglihatan sampai kebutaan.

⇒ Stroke.
Jika dalam kasus serangan jantung di sebabkan karena gangguan aliran darah di artei hampir sama halnya dengan stroke, namun dalam stroke gangguan pembuluh darah nya terletak di otak yang jika aliran darah ke otak terganggu maka area otak yang terlibat pun akan mengalami kerusakan.

Terkadang juga Stroke terjadi karena penumbatan pembuluhd darah sehingga darah tidak dapat mengalir melewati sumbatan tersebut, bahkan di beberapa kasus menyebutkna pembuluh darah kecil di otak dapat pecah karena tekan darah tinggi sehingga aliran berkurang akibat dari kebocoran darh yang keluar dari pembuluh darah.

⇒ Penyakit Arteri Koroner.
Ini mengacu kepada terjadi nya penyumbatan di pembuluh darah yang mensuplai oksigen dan nutrisi ke jantung, sumbatan ini umumnya terjadi akibat penumpukan lemak dan sel-sel yang di sebut makfrog, Sumbatan pada arteri koroner adalah penyebab utama serangan jantung.

Ciri Ciri Hipertensi

Untuk menghindari terjadinya komplikasi, inilah yang menjadi ciri ciri hipertensi, yaitu :

  • Sering sakit pada bagian belakang kepala saat bangun tidur
  • Sulit untuk berkonsentrasi bahkan sering lupa
  • Mudah marah dan perasaan nya yang sangat sensitif
  • Kadang susah tidur, Mimisan.
  • Merasa cepat lelah dan letih
  • Mengalami sulit Buang Air Besar (kadang terjadi)
  • Penurunan berat badan
  • Sering merasa gelisah, Sering merasa lapa.
  • Pandangan mata menjadi kabur
  • Rasa ingin mual dan muntah

Dengan mengetahui ciri ciri hipertensi, mambantu kita untuk menghindari dampak buruk dan resiko serangan yang berbahaya untuk tubuh kita, dan komplikasi terjadi apabila sudah dalam tahap yang sangat serius.

Baca Juga : Makanan Membantu Turunkan Darah Tinggi

Akhir Kata Kami Ucapkan Banyak terima kasih karena telah meluangkan sedikit waktu untuk membaca ciri ciri dan komplikasi hipertensi yang bisa menyerang kapan saja.

Rate here :
BosanBaikBagusBagus SekaliLuar Biasa (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
Leave a Reply

Email Anda Tidak Akan Ditampilkan. Dan Setiap Komentar Atau Pertanyaan Yang Masuk, Otomatis Di Moderasi Oleh Sistem. Tanda [*] Harus Di Isi