Penyebab Sakit Maag Yang Kadang Diabaikan

penyebab sakit maagSakit maag adalah rasa nyeri pada lambung, usus halus bahkan kerongkongan ditimbulkan karena kelebihan asam yang diproduksi oleh lambung sehingga menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung. dalam kondisi normal asam lambung diperlukan untuk membantu pencernaan dalam mengolah makanan yang kita konsumsi.

Faktor penyebab sakit maag sebenanya lebih dari 3 poin, apa saja itu?

√ Alkohol
berfungsi melenturkan katup LES, sehingga menyebabkan refluks, atau berbaliknya asam lambung ke kerongkongan dan alkohol juga meningkatkan produksi asam lambung.

√ Kopi, teh atau Minuman yang memiliki kandungan kafein.
Karena kafein dapat mengendurkan lower esophageal spinchter (LES), katup antara lambung dan tenggorokan, sehingga memicu gas di lambung naik hingga kerongkongan.

√ Cokelat
memiliki kandungan konsentrasi teobromin atau sebuah senyawa secara alami ada di tanaman seperti cocoa, teh dan kopi, yang dapat melemaskan otot LES, menimbulkan asam lambung naik ke tenggorokan.

√ Rokok
Asap rokok terkandung bahan kimia yang dapat melemahkan katup saat melewati paru-paru masuk ke dalam darah.

√ Tomat dan Produk Berbahan Dasar Tomat
Di dalam tomat banyak mengandung asam yang bisa meningkatkan peluang melemahnya katup LES yang membuat asam lambung naik.

√ Buah Asam Dan Jus
Buah-buahan yang mempunyai rasa asam yang tinggi akan memicu timbulnya sakit maag, dan ini juga merupakan sumber utama penyebab sakit maag.

√ Makanan yang pedas
akan merangsang meningkatnya produksi asam lambung yang berlebihan.

√ Makanan Berminyak dan Berlemak
Karena makanan berminyak dan berlemak cenderung lama untuk dicerna, membuat makanan tinggal lebih lama di lambung. hal ini dapat menghasilkan peningkatan tekanan di lambung, yang pada akhirnya akan meningkatkan tekanan terjadinya pelemahan LES. Jika LES melemah, asam lambung akan naik ke kerongkongan.

Leave a Reply

Email Anda Tidak Akan Ditampilkan. Dan Setiap Komentar Atau Pertanyaan Yang Masuk, Otomatis Di Moderasi Oleh Sistem. Tanda [*] Harus Di Isi