Penyebab dan Tips Mencegah Kelenjar Getah Bening Bengkak

Penyakit kelenjar getah bening cenderung membengkak ketika mengalami infeksi oleh virus, bakteri atau jamur. mereka membengkak di daerah leher, daerah pangkal paha, ketiak, dan lain-lain.

Penyakit ini juga tidak mengenal golongan umur ataupun jenis kelamin, artinya semua orang berisiko mengalami penyakit kelenjar getah bening yang juga sering disebut Limfoma.

Penyebab Kelenjar Getah Bening Bengkak

Ada faktor yang mendorong sel tumor tumbuh dari bibit kecil hingga menjadi kuat. faktor pemicu kelenjar getah bening bengkak bisa dibagi menjadi 2, yakni :

→Faktor luar, yaitu adanya virus, bakteri dan zat kimia yang masuk kedalam tubuh baik dari makanan maupun dari pola hidup yang tidak sehat.

→Faktor dalam, yaitu adanya hormon atau kadar zat dalam tubuh yang tidak seimbang serta adanya penyakit lain yang diderita, dan sel kanker yang menyebar ke kelenjar getah bening dari organ lain yang sebelumnya sudah tumbuh sel kanker.

Dan berikut beberapa faktor umumnya :

  • Adanya infeksi dalam di daerah kelenjar getah bening yang menyebabkan tumbuhnya sel kanker,
  • Karena penyakit lain yang diderita seperti, campak dan penyakit ramatoid atritis. penyakit ini akan menyerang saraf kelenjar getah bening sehingga kelenjar getah bening mengalami pelemahan fungsi yang menyebabkan sel sarafnya rusak sehingga memicu pertumbuhan sel abnormal yang mematikan. Ketiga penyakit tadi memang berbeda satu sama lain dalam penyerangannya tapi dampak negatif bisa sampai ke kelenjar getah bening.
  • Makanan dengan kadar kolesterol tinggi dan glukosa dalam darah, hal ini memicu kelenjar getah bening untuk memaksimalkan kinerjanya dalam menetralisir kadar nutrisi dalam darah.
  • Pola hidup tidak sehat. Pola hidup tidak sehat mencakup lingkungan yang tidak bersih, pola makan yang tidak teratur, perokok aktif, minum alkohol dan kurang melakukan kegiatan fisik (olahraga). Hal ini akan memicu bakteri atau virus lebih mudah masuk ke dalam tubuh sehingga bisa merusak organ dalam salah satunya merusak kelenjar getah bening.
  • Faktor genetika atau faktor turunan yang bisa menyebabkan penyakit kanker bisa menurun ke generasi berikutnya.

— Baca juga gejala penyakit kelenjar getah bening

Tips Mencegah Kelenjer Getah Bening Bengkak

Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai cara mencegah penyakit kelenjar getah bening :

⇔Perhatikan asupan nutrisi.
Apapun jenis makanan yang Anda konsumsi, penting sekali bagi Anda untuk mengetahui jenis nutrisi apa saja yang terkandung dalam makanan. Usahakan agar kebutuhan nutrisi harian selalu tercukupi.

⇔Rutin berolah raga.
Berolah raga adalah salah satu metode yang bisa dilakukan untuk mencegah hinggapnya berbagai penyakit pada tubuh, termasuk berbagai penyakit yang menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening.

⇔Cukupi kebutuhan cairan.
Usahakan agar Anda mengkonsumsi air putih 1,5 sampai 2 liter setiap harinya.

⇔Jangan merokok dan mengkonsumsi alkohol.
Rokok mengandung banyak toksin yang terbukti mampu memicu munculnya berbagai penyakit, salah satunya kanker. Selain itu, minuman beralkohol juga harus Anda hindari jika tidak ingin mengalami gangguan kesehatan.

⇔Istirahat cukup.
Istirahat akan membantu mengembalikan kebugaran tubuh serta membantu proses regenerasi sel. Karena itu, cukupilah kebutuhan istirahat Anda dengan tidur selama 6 sampai 8 jam per hari.

Leave a Reply

Email tidak akan ditampilkan. dan setiap komentar atau pertanyaan yang masuk, otomatis dimoderasi oleh sistem. tanda [*] harus di isi