Penyakit Kuning – Penyebab Dan Pengobatan

Penyakit kuning terjadi diakibatkan adanya penumpukan zat berwarna kuning, yang dalam istilah medis disebut dengan “bilirubin” di dalam darah dan jaringan tubuh.gambar penyakit kuning pada manusia

Jadi penyakit kuning adalah penyakit yang menyebabkan menguningnya kulit, sclera (bagian putih pada mata) dan juga kelenjar ludah yang disebabkan oleh tingginya kadar bilirubin pada tubuh manusia (atau tubuh hewan yang mempunyai sel darah merah).

Biasanya konsentrasi bilirubin pada darah harus melebihi 2–3 mg/dL untuk menimbulkan warna kuning yang bisa terlihat oleh kasat mata.

Jaundice berasal dari Bahasa Perancis yaitu jaune, yang berarti kuning. Cairan empedu masuk ke dalam darah, sehingga tubuh tampak kekuningan.

Penyebab Umum Sakit Kuning

Pada penyebab penyakit kuning paling umum oleh Virus hepatitis A, B, C, D, E, F, dan G. Disamping itu, penyakit kuning juga bisa disebabkan oleh bakteri, parasit, obat-obatan, bahan kimia atau sintetis yang merusak hati, alkohol, gizi yang buruk, serta penyakit autoimmun.

Virus Hepatitis B lebih sering menjadikan penyakit kuning berlanjut menjadi menahun. Yang menahun ini dapat jinak, dapat pula ganas atau berubah menjadi sirosis hati bahkan menjadi kanker hati. lebih dari 80% kanker hati sekunder bermula dari virus hepatitis B.

Dan obat-obatan yang menyebabkan sakit kuning jika mengkonsumsinya secara berlebihan :

  • Kelebihan dosis parasetamol, aspirin, tylenol (obat-obatan asetaminofen), dapat meracuni dan merusak jaringan hati (bersifat hepatotoksik).
  • Jenis obat penenang seperti klorpromazin yang dapat menyebabkan sakit kuning dan menganggu aliran empedu sehingga kulit berwarna kuning.
  • Halotan yang merupakan obat bius (anestesi). Jika sering digunakan, dapat menyebabkan penyakit kuning dan peradangan pada hati.
  • Isonlazid merupakan obat untuk TBC paru yang dapat menyebabkan penyakit kuning atau hepatitis pada 1% pasien.

Pengobatan Penyakit Kuning

Ada beberapa bahan herbal menjadi pengobatan penyakit kuning secara alami, diataranya : jus tomat, kunyit, pepaya dan jahe.

Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan qnc jelly gamat untuk menyembuhkannya, artikel lengkap di obat herbal penyakit kuning

Leave a Reply

Email anda tidak akan ditampilkan. dan setiap komentar atau pertanyaan yang masuk, otomatis dimoderasi oleh sistem. tanda [*] harus di isi