Penyebab Infeksi Radang Panggul Dan Gejalanya

Penyakit infeksi radang panggung biasanya menyerang wanita pada usia reproduktif, yaitu 17 hingga 40 tahun, terutama mereka yang kehidupan seksualnya sudah aktif.Keluhan sakit radang panggul

Tentunya penyakit ini ada penyebab maupun gejalanya,

Untuk itu, mari simak satu persatu di bawah ini.

Penyebab Infeksi Radang Panggul

Berikut adalah faktor-faktor yang dapat menyebabkan infeksi radang panggul, diantaranya :

Aktifitas kehidupan seksual dan jumlah pasangan

Kehidupan seksual dan radang panggul memiliki hubungan yang sangat erat. selain infeksi primer radang panggul bisa disebabkan oleh aktivitas seksual serta kehidupan seksual yang terlalu berlebihan. karena setiap sperma mengandung bakteri.

Tidak memperhatikan kebersihan hubungan seksual

Penderita radang panggul pada anak muda lebih tinggi dibandingkan orang tua. misalnya insiden penyakit PID pada gadis berumur 15 – 19thn lebih tinggi 3x lipat daripada wanita berumur 25-29th, insiden penyakit PID pada gadis berumur 20-24th lebih tinggi 2x lipat daripada wanita yang berumur 25-29th.

Ini merupakan analis dari spesialis kedokteran barat, puncak insiden tepatnya berusia 30th. Insiden ini biasanya lebih tinggi pada anak muda, tidak hanya karena masa produktif dari aktivitas seksual tetapi juga karena pasangan seksual yang tidak labil.

Penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim

Sebagian besar wanita yang menggunakan alat kontrasepsi dalam rahim tingkat risiko terkena penyakit adalah 2-4x lipat, ada juga yang 15x lipat.

Tentu saja penyakit ini sangat erat hubungannya dengan penggunaan alat kontrasepsi, seperti IUD yang memiliki ekor rentan terhadap radang panggul, ekor kawat yang lembah dan basah dapat menjadi penopang kegiatan bakteri.

Peradangan atau infeksi yang disebabkan oleh IUD disebabkan oleh bakteri non-gonorrhoeae.

Riwayat penyakit radang panggul

Kejadian berulang riwayat radang panggul adalah tidak lebih dari 20x, sekitar 20-25% pasien yang terkena radang panggul ada kemungkinan kambuh lagi.

Sebagian besar orang mengira adalah peradangan kronis yang disebabkan oleh serangan akut, dan dianggap sebagai infeksi berulang.

Sehingga mudah terjadi infeksi karena saluran epitel tuba terluka, serta gangguan mekanisme pertahanan daerah lokal.

Mitra seksual yang tidak melakukan pengobatan infeksi merupakan faktor penyebab penting, penggunaan antibodi untuk pengobatan penyakit tidak akan mudah kambuh kembali.

Pasangan tidak melakukan pengobatan total terhadap penyakit

Faktor patogen pasangan lain pria atau wanita yang terkena infeksi dan penyakit berulang, sementara ada sekitar 80% pasangan dari wanita yang menderita radang panggul tidak dilakukan pengobatan tuntas, tidak jelasnya gejala kondisi suatu penyakit bukan berarti berarti ada infeksi lain seperti bakteri gonorrhea.

Gejala Penyakit Radang Panggul

Faktanya gejala infeksi radang panggul pada setiap individu wanita itu bervariasi, dan Biasanya, gejalanya terbagi menjadi 3 tipe : akut, kronis, atau tersembunyi.

Untuk radang panggul akut, gejalanya bisa berat dan intens sehingga membuat penderitanya masuk UGD atau terpaksa opname di rumah sakit.

Sedangkan untuk radang panggul kronis, gejalanya acapkali jarang kelihatan sehingga diagnosanya sering terlambat dan terhambat.

Lain halnya dengan radang panggul yang gejalanya tersembunyi. Sesuai istilah yang dipakai, penderitanya bisa jadi tidak mengalami gejala apapun. Ia mungkin baru tahu mengidap radang panggul setelah berkali-kali gagal untuk punya anak.

Ini dia 10 gejala umum infeksi radang panggul

  • Demam
  • Sakit pada panggul bagian abdominal, atau pinggang
  • Keluarnya cairan pada miss V secara tidak normal
  • Pendarahan setelah hubungan intim
  • Merasa kedinginan maupun kelelahan
  • Sering buang air kecil dan terasa nyeri setelah buang air kecil
  • Perdarahan secara tidak normal atau mudah terluka
  • Kehilangan nafsu makan
  • Mual atau muntah-muntah
  • Menstruasi yang tidak teratur

Gejala di atas hanya bisa dirasakan oleh diri sendiri, kalau kita cuek, lantas siapa yang tahu?

Leave a Reply

Email anda tidak akan ditampilkan. dan setiap komentar atau pertanyaan yang masuk, otomatis dimoderasi oleh sistem. tanda [*] harus di isi