Penyebab Radang Usus Buntu dan Komplikasinya

Penyebab radang usus buntu dan komplikasinya adalah hal yang tidak kalah penting untuk kita ketahui bersama, selain dari yang pernah kami ulas yaitu gejala dan juga obat tradisionalnya.

penyebab dan komlikasi radang usus buntu

Penyebab Radang Usus Buntu

Alur terjadinya peradangan karena adanya penyumbatan pada usus buntu. penyumbatan tersebut oleh beberapa hal :

  • Fases atau fekalit yang sering menjadi penyebab utama peradangan
  • Benda asing
  • Cacing
  • Trauma Tumpul
  • Pembesaran jaringan timfolid
  • infeksi virus, bakteri, atau jamur

Ada penyebab lainnya juga, yaitu adanya parasit seperti E. Histolytica yang membuat mukosa usus buntu mengalami erosi atau rusak.

Setelah diteliti bahwa orang yang jarang mengkonsumsi serat (buah atau sayur) lebih cenderung dan mudah terserang penyakit usus buntu.

Jadi, makanan pedas bukan faktor utama munculnya radang usus buntu dong?

Faktanya makanan pedas bukan merupakan penyebab langsung radang usus buntu. Namun, mengonsumsi makanan pedas seperti cabai, lada dan paprika dalam jumlah banyak dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut.

Kondisi inilah yang mirip dengan tanda-tanda awal radang usus buntu, sehingga sering disalahartikan.

Komplikasi Radang Usus Buntu

Dapat memicu terjadinya penyakit peritonitis

Ternyata, penyakit usus buntu bisa menyebabkan masuknya kuman akibat adanya kotoran, yang mana kotoran tersebut bisa masuk ke organ lain, sehingga akan tersebar ke seluruh organ bagian perut. Hal seperti inilah yang menyebabkan terjadinya penyakit peritonitis.

Selain itu, wanita keadaan ini akan berbahaya karena radang usus yang bocor bisa membuat saluran indung telur menjadi rusak dan memungkinkan wanita tersebut menjadi mandul secara permanen.

Merasakan sakit yang tak kunjung sembuh

Dengan adanya sumber penyakit yang belum di buang, maka tidak heran jika penderita usus buntu akan selalu merasakan kesakitan, yang mana rasa sakit tersebut semakin lama akan terasa semakin menyiksa, sehingga banyak pula para penderita usus buntu yang hilang kesadarannya akibat tidak kuat menahan rasa sakit yang di timbulkan.

Perut akan selalu terasa kembung

Penderita akan merasa tidak nyaman, karena perutnya terasa selalu kembung dan seperti ingin buang angin, akan tetapi tidak bisa. perut yang kembung seperti ini akan di susul dengan rasa nyeri yang cukup hebat sekali.

Karena itulah, demi kesehatan dan kenyamanan sebaiknya anda yang menderita usus buntu segera lakukan tindakan.

Nafsu makan berkurang

Dengan adanya rasa sakit yang begitu tersiksa, maka penderita akan merasa tidak nafsu makan yang mana bisa memperburuk kesehatan penderitanya.Apalagi jika penderita memiliki riwayat penyakit maag maka akan memperburuk keadaan.

Mengancam Jiwa

Dengan adanya infeksi yang semakin parah serta komplikasi yang terjadi, maka akan membuat penderita terancam jiwanya.

Namun, komplikasi negatif dari radang usus buntu pada poin terakhir ini tidak perlu dipikirkan, pusatkan pikiran Anda pada proses penyembuhannya, berfikir positif juga sangat berpengaruh terhadap pemulihan kesehatan.

Leave a Reply

Email tidak akan ditampilkan. dan setiap komentar atau pertanyaan yang masuk, otomatis dimoderasi oleh sistem. tanda [*] harus di isi