Penyebab Kanker Prostat

pemicu kanker prostatProstat merupakan kelenjar yang berbentuk menyerupai buah kenari yang dapat menghasilkan cairan mani untuk memelihara dan menghantarkan sperma.

Kanker prostat adalah tumor ganas yang tumbuh pada prostat, kelenjar seukuran kacang walnut dibawah kandung kemih pria yang fungsinya memproduksi sperma.

Sebagian besar kanker prostat tumbuh sangat lambat namun merupakan kanker ganas, dan kanker dapat menyebar ke bagian tubuh lain, khususnya tulang dan kelenjar getah bening.

Menurut laporan interim Singapore Cancer Registry, periode 2006-2010, kanker prostat merupakan kanker paling umum ke-3 untuk pria di Singapura, dengan lebih dari 500 kasus terdiagnosa setiap tahun dalam kurun waktu lima tahun belakangan ini.

Faktor Penyebab Kanker Prostat

Sama seperti jenis kanker lain, penyebab kanker prostat bagi pria secara spesifikasi masih belum diketahui, tetapi faktor risiko yang telah diidentifikasi. salah satu faktor risiko utama adalah riwayat keluarga.

Pria yang menjadi keturunan tingkat pertama hubungan kekeluargaan relatif dua kali lebih beresiko terkena penyakit ini. Pria yang kurang asupan vitamin B6 dan E, likopen dan selenium juga lebih besar untuk menderita kanker prostat.

Beberapa kondisi medis seperti prostatitis dan penyakit menular seksual juga dapat memicu sel kanker terbentuk dalam prostat. Selain itu, pria yang berusia 40 tahun ke atas lebih beresiko. Semakin tua seseorang tumbuh, semakin beresiko ia untuk terkena kanker ini.

Leave a Reply

Email anda tidak akan ditampilkan. dan setiap komentar atau pertanyaan yang masuk, otomatis dimoderasi oleh sistem. tanda [*] harus di isi