Penyakit Batu Empedu – Gejala, Makanan Sehat

gejala batu empedu, makanan dianjurkan batu empeduDisini akan kami share seputar dunia kesehatan yakni gejala dan juga makanan sehat untuk dikonsumsi oleh penderita batu empedu.

Batu empedu adalah benda seperti batu kecil yang ditemukan dalam kantung empedu. Kantung empedu adalah kantung kecil yang mengandung empedu, yaitu cairan pencernaan yang diproduksi oleh hati untuk memecahkan dan mencerna lemak.

Apabila postingan ini penting, mohon luangkan sedikit waktu untuk membaca atau menyimaknya hingga tuntas.

Gejala Timbul Batu Empedu

Tidak sedikit juga diantara kita tidak sadar akan hadirnya gejala batu empedu, terbukti dari beberapa pasien yang datang hendak melakukan pengobatan, mereka sudah memasuki tahap kronis.

Berikut ciri-cirinya yang perlu waspadai menurut Womenshealthmag
1. Sakit perut
Sakit batu empedu digambarkan sebagai ketidaknyamanan yang intens dan membosankan yang terletak di kuadran kanan atas perut, Ini juga bisa menyebar ke punggung dan bahu kanan. ketika kantung empedu berkontraksi ia mencoba untuk memaksa batu keluar dari kantong empedu dalam prosesnya, menyebabkan rasa sakit yang bisa berlangsung dari lima menit sampai beberapa jam.

2. Mulas
“Beberapa gejala batu empedu mirip seperti gangguan pencernaan lainnya seperti sakit mag, asam lambung, kram perut sehingga terkadang tidak menganggapnya sebagai sesuatu yang serius,” kata Robby Holland, M.D., dokter gawat darurat di The Colony ER Hospital di Texas. Tapi jika gejala ini menyerang berulang kali setelah makan, itu bisa menjadi tanda batu empedu.

3. Penyakit kuning
Karena konsentrasi bilirubin meningkat dalam aliran darah, maka terjadilah penumpukan bilirubin di kulit yang membuatnya berwarna kuning.

4. Air seni berwarna pekat
Adanya bilirubin selama proses pencernaan membuat kencing Anda kuning dan kotoran Anda berwarna coklat, kata Zipkin. Jika Anda mengalami urine berwarna gelap (meski terhidrasi) dan kotoran berwarna terang, itu bisa menjadi pertanda penyumbatan saluran empedu.

5. Demam, menggigil, dan detak jantung cepat
“Demam, menggigil, dan detak jantung yang cepat bisa berarti cairan yang keluar dari kantung empedu tersumbat dan menyebabkan infeksi,” kata Gillespie. Infeksi ini bisa menjadi mengancam jiwa jika diabaikan, jadi sangat penting untuk segera mencari perawatan medis jika anda mengalami hal-hal tersebut.

Makanan Sehat Penderita Batu Empedu

Seseorang yang sudah di identifikasi mengalami gejala maupun sudah di vonis menderita batu empedu, harus sudah memulai memilah jenis makanan, minuman, tumbuhan maupun buah-buahan.

Inilah makanan anjuran untuk batu empedu, diantaranya :
⇒ Apel
mengandung asam malat dan tartrat yang dapat memecah kolesterol. 80% penyakit batu empedu disebabkan oleh kolesterol. sehingga mengkonsumsi buah apel dapat melembutkan atau membantu untuk melarutkan batu empedu.

⇒ Artichoke
Dimana sayuran ini berperan dapat mendorong produksi empedu berlebih. sehingga hal ini pada gilirannya bisa mengencerkan bawah proporsi kolesterol dalam kandung empedu anda yang dapat membantu melarutkan batu empedu.

⇒ Lobak
Sayuran yang satu ini berperandalam merangsang produksi empedu dan membantu memecah lemak, sehingga dapat mengurangi rasa sakit akibat dari batu empedu.

⇒ Kunyit
Rempah yang sering mnajdi bahan utama dalam pembuatan masakan kari di india, dimana ia juga memberikan warna kuningnya yang khas menjadi bumbu yang tidak aneh lagi dikalangan masyarakat. Kunyit merupakan termasuk komponen yang memiliki sifat menguntungkan yakni dapat menurunkan peradangan, menghancurkan sel² kanker hati dan yang paling utama adalah kantong empedu dan melarutkan batu empedu.

⇒ Bit
Buah yang satu ini sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kantong empedu. Dimana mereka bekerja dengan membantu tipis empedu untuk memecah lumpur, batu empedu kecil, membersihkan sel hati, kandung empedu dan lainnya. Bit mengandung serat larut, betaine, dan besi yang berkualitas tinggi.

⇒ Minyak ikan mengandung tinggi asam lemak omega 3 yakni merupakan lemak yang baik untuk kesehatan tubuh kita.

⇒ Minyak biji rami organik adalah salah satu makanan terbaik untuk kantong empedu

⇒ Jahe dikenal sebagai empedu tipis yang dapat mengurangi kandung empedu lumpur dan menetralkan batu empedu. Bahan aktif utama dalam jahe yakni shogaols dan gingerol, dimana senyawa ini dapat membantu menetralkan asam dalam perut anda.

⇒ Buah-buahan dan sayuran termasuk alpukat, cranberry, buah, anggur, ketimun, brokoli, paprika dan jeruk yang tinggi serat dan vitamin C, yang jika kurang dapat berkontribusi untuk batu empedu. Selain itu, biji-bijian termasuk gandum, sereal bekatul dan beras merah juga mengandung serat.

Setelah membaca gejala dan makanan sehat batu empedu, tidak lupa juga untuk mampir ke tulisan kami yang lainnya, yaitu obat herbal menghancurkan batu empedu

Rate here

Loading...
Leave a Reply

Email Anda Tidak Akan Ditampilkan. Dan Setiap Komentar Atau Pertanyaan Yang Masuk, Otomatis Di Moderasi Oleh Sistem. Tanda [*] Harus Di Isi