Pantangan Makanan Penderita Diabetes

pantangan makanan penderita diabetesPantangan makanan penderita diabetes ada beragam jenis yang mungkin saja ada dalam menu kita sehari-hari. untuk itu mulailah tidak mengkonsumsinya, secara umum dapat meningkatkan gula darah.

Inilah makanan-makanan tersebut, diantaranya :

⊕ Roti putih memiliki kadar gula yang tinggi.

⊕ Merokok, sebuah penelitian di Amerika yang melibatkan 4.572 relawan pria dan wanita, menemukan bahwa risiko perokok aktif terhadap diabetes naik sebesar 22 persen.

Disebutkan pula bahwa naiknya risiko tidak cuma disebabkan oleh rokok, tetapi kombinasi berbagai gaya hidup tidak sehat, seperti pola makan tidak teratur dan jarang olahraga.

⊕ Kafein, hati-hati dengan kafein, karena beberapa penelitian, salah satunya yang berjudul “Diabetes Care” ditulis oleh Hudson Lee dan Kilpatrick pada 2005 menunjukkan kafein memiliki dampak negatif pada penderita diabetes.

⊕ Mie dan pasta, makanan ini sudah pasti sangat digemari oleh banyak orang tak terkecuali bagi penderita diabetes mellitus.

Tapi sayang sekali bagi penderita diabetes, karena sebagian besar pasta dan mie memiliki indeks glikemik tinggi. Artinya pasta dan mie dibuat dengan olahan karbohidrat sederhana seperti gandum atau tepung beras. Konsumsi karbohidrat tinggi bisa meningkatkan kadar gula dalam darah.

⊕ Kentang, alasannya karena kandungan karbohidrat pada kentang yang tinggi, membuat indeks glikemiknya juga tinggi. untuk itu, kurangi konsumsi kentang, baik yang dipanggang, direbus maupun digoreng.

⊕ Minuman bersoda, Dari penelitian yang dilakukan oleh The Nurses’ Health Study II terhadap 51.603 wanita usia 22-44 tahun, ditemukan bahwa peningkatan konsumsi minuman bersoda membuat berat badan dan risiko diabetes melambung tinggi.

Para peneliti mengatakan, kenaikan risiko itu terjadi karena kandungan pemanis yang ada dalam minuman bersoda. selain itu, asupan kalori cair tidak membuat kita kenyang sehingga terdorong untuk minum lebih banyak.

⊕ Makanan yang digoreng merupakan pantangan makanan penderita diabetes selanjutnya. sudah tentu anda mengenal benar dengan gorengan, namun gorengan adalah makanan yang rendah serat dan tinggi lemak.

⊕ Teh manis, karena tingginya asupan gula menyebabkan kadar gula darah melonjak tinggi. belum risiko kelebihan kalori.

Segelas teh manis kira-kira mengandung 250-300 kalori (tergantung kepekatan). kebutuhan kalori wanita dewasa rata-rata adalah 1.900 kalori per hari (tergantung aktivitas).

Dari teh manis saja kita sudah dapat 1.000-1.200 kalori. belum ditambah tiga kali makan nasi beserta lauk pauk. Patut diduga kalau setiap hari kita kelebihan kalori. Ujungnya: obesitas dan diabetes.

Rate here :
BosanBaikBagusBagus SekaliLuar Biasa
1 Comment
Leave a Reply

Email Anda Tidak Akan Ditampilkan. Dan Setiap Komentar Atau Pertanyaan Yang Masuk, Otomatis Di Moderasi Oleh Sistem. Tanda [*] Harus Di Isi