Makanan Sehat Bagi Pasien Gagal Ginjal

Makanan Yang Dianjurkan Gagal GinjalJika anda telah didiagnosis memiliki penyakit gagal ginjal, sudah saatnya mulai mengatur gaya hidup dengan mengkonsumsi makanan sehat. penyakit gagal ginjal terjadi akibat racun-racun di dalam makanan yang di konsumsi terakumulasi selama bertahun-tahun sehingga akhirnya merusak ginjal.

Berikut ini merupakan daftar makanan sehat untuk gagal ginjal, di antaranya :

√ Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D.
Makanan sehat untuk gagal ginjal yang pertama adalah mengandung banyak vitamin D, seperti minyak ikan, kuning telur, hati, mentega, serta makanan berkalsium tinggi lainnya, seperti ikan teri, sardine dan sayuran hijau. tapi juga harus dijaga kuantitas konsumsinya agar tidak berlebihan.

√ Protein.
Protein harus seimbang walaupun rendah. Soalnya, banyak orang-orang gagal ginjal mengalami malnutrisi karena mereka terlalu takut makan banyak protein. Yang malah membuat rentan terkena infeksi dan efek negatif lainnya.

Namun untuk orang-orang yang sudah sampai ke proses cuci darah, asupan protein harus lebih tinggi dari mereka yang belum sampai ke proses tersebut. Karena menurut dr Paskalis, protein yang sudah masuk ke tubuh banyak terbuang lewat mesin cuci darah.

Gagal ginjal yang belum cuci darah, proteinnya cuma bisa 0,6-0,8 gram per kg per hari. Tapi kalau sudah menjalani cuci darah, proteinnya harus tinggi, yaitu 1,5 gram per kg per hari, dua kali lipat tingginya.

√ Memperbanyak makan sayuran mentah.
Memperbanyak makan sayuran mentah seperti salad, sehingga nutrisinya terjaga. Boleh makan daging sapi atau ayam. Khusus untuk ayam, hindari bagian paha karena menjadi pusat lemak.

√ Makanan yang digoreng Dan Dikukus.
Jika ingin menggoreng gunakan ekstra virgin olive oil. Tapi makanan yang dikukus jauh lebih baik bagi Anda penderita penyakit gagal ginjal.

Penting !!
Saat proses pengobatan gagal ginjal maupun yang masih terasa gejala, yang harus dipantau adalah menjaga asupan cairan dan protein yang tidak boleh terlalu banyak. juga untuk memvariasikan jenis asupan makanan setiap hari yang seimbang. apabila makanan tidak bervariasi, ini juga bisa membahayakan ginjal.

Leave a Reply

Email Anda Tidak Akan Ditampilkan. Dan Setiap Komentar Atau Pertanyaan Yang Masuk, Otomatis Di Moderasi Oleh Sistem. Tanda [*] Harus Di Isi