Kenali Penyebab Dan Bahaya Kista Ginjal

Penyebab dan bahaya kista ginjal, mendengar nama “penyakit kista ginjal” memang tidak sepopuler dengan batu ginjal ataupun kista ovarium, akan tetapi kista ginjal juga salah satu jenis masalah kesehatan yang cukup berbahaya.Ilustrasi kista ginjal

Penyebab Kista Ginjal

Penyebab munculnya kista ginjal ketika dinding pada lapisan ginjal yang mulai melemah sehingga akan membentuk kantong yang dimana di dalam kantong-kantong tersebut akan terdapat cairan dan menjadi kista.

Selain itu penyakit ginjal polikistik juga bisa menular karena factor gen atau penyakit keturunan. Selain itu factor lainnya seperti usia, jenis kelamin juga menjadi faktor seseorang terkena kista ginjal.

Biasanya para pengidap penyakit kista ginjal ini mengabaikan atau tidak memperdulikan benjolan yang muncul di ginjal,

Karena menurut beberapa sumber penyakit ini tidak terlalu berbahaya jika benjolan yang muncul di ginjal kecil atau biasanya disebut sebagai kista sederhana, kista yang seperti itu memang tidak memberikan efek yang begitu parah, dan juga tidak menimbulkan kanker.

Bahaya Kista Ginjal

Kista ginjal adalah benjolan berisi cairan yang tumbuh dalam ginjal. Terkait dengan bahaya penyakit kista ginjal, diantaranya :

  • Kista meletus ⇒ Jika kista dalam ginjal pecah atau meletus, dapat menyebabkan nyeri parah pada punggung, pinggang, tulang rusuk dan panggul.
  • Kista terinfeksi ⇒ Kondisi ini dapat menyebabkan demam dan rasa sakit yang mencengkram.
  • Penyumbatan ginjal ⇒ Kista dapat menyebabkan ginjal membengkak dan menghalangi saluran pembuangan. Kondisi ini menyebabkan gangguan buang air kecil.
  • Gagal ginjal ⇒ Ginjal memiliki fungsi sebagai pembersih sampah dalam tubuh, fungsi ini dapat rusak akibat komplikasi penyakit kista di ginjal.
  • Hipertensi ⇒ Orang yang mengidap penyakit kista ginjal berisiko tinggi mengalami penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi yang berujung pada serangan jantung atau stroke.

Sebagian besar masalah kista ginjal berbentuk jinak, atau tidak jadi mengakibatkan kanker serta tidak sering sekali berlangsung komplikasi akibat keadaan ini.

Kista ginjal tipe ini di kenal dengan arti kista ginjal ringan atau kista ginjal sederhana.

Secara umum kemungkinan sangat kecil kista ginjal menjadi berbahaya, tetapi sangat disarankan untuk diperiksa oleh tim ahli kedokteran.

Leave a Reply

Email anda tidak akan ditampilkan. dan setiap komentar atau pertanyaan yang masuk, otomatis dimoderasi oleh sistem. tanda [*] harus di isi