Ciri Ciri Fisik Wanita Terkena Kanker Payudara

Ciri ciri fisik wanita terkena kanker payudara sebenarnya telah banyak yang membahasnya dan juga membagikannya, terbukti bisa anda temukan di google ataupun di situs ensiklopedia wikipedia, namun tidak ada yang salah bila dijelaskan kembali pada artikel ini.gejala kanker payudara

Dan berikut ciri ciri fisik wanita terkena kanker payudara

√ Adanya Benjolan
munculnya benjolan yang tidak normal. benjolan itu bisa umumnya diraba sendiri, meski kadang-kadang hanya bisa diketahui keberadaannya lewat pemeriksaan mammography.

Benjolan yang keras dengan bentuk tidak teratur lebih perlu diwaspadai dibandingkan benjolan yang lunak dan bulat. Benjolan lunak biasanya dipicu oleh adanya kista, meski kista juga bisa mengeras jika mengalami pengapuran.

√ Pembengkakan
Meski tidak ada benjolan, payudara yang membengkak atau terasa berat perlu diwaspadai. Kehamilan dan retensi(penumpukan) cairan akibat terlalu banyak konsumsi garam sebenarnya juga bisa menyebabkan payudara membengkak.

Namun pembengkakan akibat adanya kanker biasanya tidak simetris antara payudara kiri dan kanan.

√ Rasa Nyeri Atau Sakit di bagian puting
Untuk membedakannya dengan kanker payudara, karena kista di payudara juga bisa menyebabkan rasa nyeri di bagian puting. periksalah segera ke dokter untuk melakukan pemeriksaan ultrasonik yang bisa membedakan kista dengan sel kanker.

√ Pembengkakan Pada kelenjar getah bening
Adanya kanker payudara selalu ditandai dengan pembengkakan pada area kelenjar getah bening di daerah ketiak. Periksakan segera untuk mengantisipasi kemungkinan tersebut, meski kadang-kadang infeksi juga bisa menyebabkan bagian ini membengkak.

√ Cairan aneh di puting
Selain susu, cairan apapun yang keluar dari puting perlu diwaspadai terutama jika berwarna merah atau coklat. Biasanya dokter akan melakukan ductogram yakni sejenis mammography untuk memeriksa kelainan kelenjar susu, lalu mengamati cairan yang keluar dengan mikroskop untuk mengetahui adanya sel kanker di dalamnya.

√ Puting tenggelam
Meski jarang, pertumbuhan sel kanker payudara di sekitar areola juga bisa menyebabkan puting tenggelam. Jika gejala ini pun muncul tiba-tiba dan bertahan hingga beberapa pekan, ada kemungkinan terjadi pengencangan kelenjar susu yang terjadi karena terdesak oleh sel tumor.

Leave a Reply

Email anda tidak akan ditampilkan. dan setiap komentar atau pertanyaan yang masuk, otomatis dimoderasi oleh sistem. tanda [*] harus di isi