Jalan Terbaik Cara Mencegah Kanker Hati Dari Sekarang

pencegahan kanker hatiCara mencegah kanker hati wajib anda ketahui, kami yakin semuanya pada tahu akan resiko terbesar dari penyakit ini. jadi sebelum muncul gejalanya, ada baik anda memperhatikan 3 hal berikut.

Mencegah Kanker Hati Secara Primordial

Adalah upaya yang dilakukan terhadap orang yang belum terpapar faktor risiko :

  • Konsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur serta konsumsi makanan dengan gizi seimbang.
  • Hindari makanan tinggi lemak dan makanan yang mengandung bahan pengawet/ pewarna.
  • Konsumsi vitamin A, C, E, B kompleks dan suplemen yang bersifat antioksidan, peningkat daya tahan tubuh.
  • Menjalankan pola hidup sehat, seperti tidak tidur larut malam (sering begadang) karena penelitian membuktikan ini sangat berbahaya pada kesehatan hati, dan kebiasaan lainnya yang seperti merokok, atau konsumsi alkohol.
  • Jamur merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan vitamin, mineral serta senyawa alami untuk mencegah penyakit. Beberapa jenis jamur, seperti jamur shitake, maitake, cordyceps dan lain sebagainya, mampu meningkatkan system kekebalan tubuh serta melawan kanker. Jamur kancing juga akan memberikan manfaat yang sama.
  • Brokoli merupakan anggota keluarga Cruciferae, dan masih berkerabat dengan kubis, kembang kol serta brussel sprout. Brokoli dan keluarga cruciferae lainnya mengandung serat yang akan membantu pembuangan racun dalam tubuh. Brokoli juga mengandung senyawa indoles yang akan memodifikasi serta mengurangi tingkat agresifitas esterogen, sehingga anda akan terhindar dari penyakit kanker, seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker otak, kanker kolon maupun kanker hati.
  • Bawang putih mengandung alicin yang mampu mencegah penyebaran kanker serta mengentikan suplai makanan dari sel-sel kanker, sehingga sel-sel kanker akan mati dengan sendirinya. Bawang putih juga mengandung sulfur, selenium, serta triptofan.

Mencegah Kanker Hati Secara Primer

Merupakan pencegahan yang dilakukan terhadap orang yang sudah terpapar faktor risiko agar tidak sakit. Seperti :

  • Memberikan imunisasi hepatitis B bagi bayi segera setelah lahir sehingga pada generasi berikutnya virus hepatitis B dapat dibasmi.
  • Memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang virus hepatitis (faktor-faktor risiko kanker hati) sehingga kejadian kanker hati dapat dicegah melalui perilaku hidup sehat.
  • Menghindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol karena alkohol akan semakin meningkatkan risiko terkena kanker hati.
  • Menghindari makanan yang tersimpan lama atau berjamur karena berisiko mengandung jamur Aspergillus flavus yang dapat menjadi faktor risiko terjadinya kanker hati.
  • Membatasi konsumsi sumber radikal bebas agar dapat menekan perkembangan sel kanker dan meningkatkan konsumsi antioksidan sebagai pelawan kanker sekaligus mangandung zat gizi pemacu kekebalan tubuh.

Mencegah Kanker Hati Dengan Sekunder

Merupakan upaya yang dilakukan terhadap orang yang sudah sakit agar lekas sembuh, dan menghambat progresifitas penyakit melalui diagnosis dini dan pengobatan yang tepat.

Dalam hal ini diagnosis sangat penting dilakukan. Dan biasanya juga dilakukan pengobatan dengan kemoterapi maupun pengobatan secara herbal.

Leave a Reply

Email anda tidak akan ditampilkan. dan setiap komentar atau pertanyaan yang masuk, otomatis dimoderasi oleh sistem. tanda [*] harus di isi