Cara Mencegah Osteoporosis

Ilustrasi tulang osteoporosisWalaupun masalah osteoporosis seringkali dikaitkan dengan wanita menopause, akan tetapi tidak tertutup kemungkinan bisa terjadi pada pria dibawah umur 30 tahun atau bahkan 20 tahun, begitu juga wanita pada usia tersebut tanpa dikaitkan dengan menopause. dikarenakan masalah osteoporosis bisa disebabkan oleh banyak hal dan faktor.

Inilah yang jadi penyebab kenapa osteoporosis bisa saja terjadi pada usia muda, diantaranya :

  • Osteoporosis postmenopausal yang terjadi karena kekurangan hormon estrogen, ini mengakibatkan berkurangnya kepadatan tulang. Osteoporosis ini terjadi pada wanita yang berusia 40-71 tahun.
  • Osteoporosis senilis terjadi karena kekurangan kalsium, yang terjadi karena masalah keseimbangan dalam tubuh. Osteoporosis senilis terjadi pada pria atau wanita yang berusia 70 tahun ke atas, meskipun wanita lebih beresiko mengalami osteoporosis senilis.
  • Berhubungan dengan keadaan medis atau dikenal dengan istilah osteoporosis sekunder. Meskipun hanya dilami oleh 5% penderita osteoporosis akan tetapi gaya hidup yang kurang sehat sangat menentukan resiko terjadinya penyakit osteoporosis sekunder.
  • Osteoporosis juvenil idiopatik, osteoporosis ini tidak diketahui apa penyebabnya. Jenis ini biasanya terjadi pada anak yang berusia dibawah 20 tahun.

Lalu…

Begini Cara Mencegah Osteoporosis Agar Kesehatan Tulang Bisa Tetap Terjaga Dengan Baik.

√ Cukupi kebutuhan kalsium
Kurangnya asupan kalsium menjadi penyebab utama mengalami osteoporosis. Untuk memenuhi asupan kalsium, dianjurkan untuk memakan makanan seperti susu, produk susu, bayam, brokoli, makanan laut, dan sebagainya.

√ Mengendalikan berat badan
Obesitas atau kelebihan berat badan biasanya berhubungan dengan osteoporosis. Mengendalikan berat badan supaya tetap normal bertujuan untuk meringankan tekanan pada tulang untuk menopang tubuh yang pada gilirannya dapat membantu mencegah osteoporosis.

√ Jangan mengabaikan rasa sakit pada tulang
Osteoporosis terjadi karena kepadatan tulang berkurang, sehingga membuat tulang mudah rusak atau hancur. Ini biasanya menyebabkan rasa sakit ditubuh, bahkan berakibat cacat. jadi, apabila anda berpikir tentang sesuatu dalam nyeri tulang atau lainnya, segera periksakan ke dokter.

√ Tidak disarankan melakukan diet ekstrim
Diet ekstrim dapat membuat tubuh anda kehlangan nutrisi penting, salah satunya yaitu kalsium. Sehingga tidak disarankan bagi anda untuk melakukan diet ekstrim.

√ Berolahraga secara teratur
Olahraga teratur dapat melindungi kesehatan tulang Anda. Tak perlu olahraga yang berat, cukup dengan melakukan olahraga yang ringan dan yang terpenting dilakukan secara rutin dan teratur. cara mencegah osteoporosis yang ini cukup mudah dilakukan setiap minggu.

√ Memenuhi kebutuhan vitamin D
Tanpa vitamin D, tubuh Anda tidak bisa mendapat kalsium dengan baik. Oleh karena itu, dengan mengambil suplemen atau dengan terkena sinar matahari beberapa menit untuk melengkapi persyaratan untuk mendapatkan vitamin D disetiap pagi.

√ Konsumsi suplemen kalsium pascamenopause
Setelah menopause, estrogen pada wanita akan sangat berkurang. Jadi, tak lama setelah berhentinya menstruasi untuk mendorong kalsium yang ada dalam tulang wanita dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen kalsium.

Leave a Reply

Email Anda Tidak Akan Ditampilkan. Dan Setiap Komentar Atau Pertanyaan Yang Masuk, Otomatis Di Moderasi Oleh Sistem. Tanda [*] Harus Di Isi