Cara Mencegah Dan Penyebab Ambeien

Sudah waktunya kita untuk mengenal cara mencegah dan penyebab ambeien, karena akhir-akhir ini semakin tingginya penderita wasir. hal tersebut kemungkinan besar dilatarbelakangi karena ketidaktahuan. Penyebab Dan Tips Pencegahan Ambeien

Cara Mencegah Ambeien

Perhatikan berikut ini merupakan tips untuk mencegah terjadinya ambeien :

♦ Mengkonsusmi makanan cukup serat – Hal Ini dikarenakan kandungan serat pada makanan akan membantu melunakkan tinja sehingga lebih mudah saat buang air.

Jadi, pastikan bahwa Anda makan makanan kaya akan serat dalam jumlah yang cukup, baik itu berupa buah-buahan dan sayuran karena mengandung banyak serat.

♦ Pastikan bahwa dalam sehari Anda telah minum air dalam jumlah cukup banyak.

♦ Jangan terlalu lama duduk. Biasakan untuk tetap menggerakkan badan anda dan sesekali jalan keluar untuk membuat tubuh lebih rileks dan tidak merasa tegang.

♦ Menggunakan kertas tisu toilet yang lembut. karena ketika Anda menggunakan jenis kertas tisu toilet yang kasar dan keras akan menyebabkan permukaan kulit disekitar anus Anda mengalami iritasi dan cukup berbahaya apabila Anda menderita wasir.

♦ Usahakan buang air besar dengan lancar – Mengejan saat buang air akan mengakibatkan pembesaran pembuluh darah di anus (wasir).

Buang air besar dengan lancar akan mengurangi kegiatan mengejan. Agar buang air lancar, kita perlu cukup minum air dan makan serat. Serat bisa didapat dari sayur ataupun buah. Bisa juga berasal dari sereal atau agar-agar. Usus besar membutuhkan air dan serat untuk melakukan tugasnya dengan baik.

♦ Mandi air hangat. Karena ketika berendam dalam air hangat semua jaringan dalam tubuh akan menjadi rileks, sehingga merileksasi otot-otot pada bagian anus.

♦ Banyak bergerak – Usahakan untuk berolahraga 3-5 kali atau minimal 150 menit seminggu. Selain itu, kurangi naik kendaraan untuk jarak yang masih mampu dijangkau dengan berjalan kaki.

♦ Hindari “keasyikan” di toilet – Gaya hidup orang sekarang yang tidak bisa lepas dari telepon cerdas (smartphone) sering kali terbawa hingga ke toilet.

Padahal, “keasyikan” mengoperasikan telepon cerdas sambil duduk di toilet dapat meningkatkan risiko wasir ambeien. kenapa harus dihindari? karena di wc banyak bakteri.

——– Kunjungi dan baca juga gejala ambeien

Penyebab Utama Ambeien

Lalu apa penyebab ambeien? berikut uraian lengkapnya

  • Konstipasi (sembelit).
    Sembelit adalah keadaan dimana seseorang mengalami kesulitan buang air besar. Akibat feses yang terlalu keras. Dan hal tersebut mengakibatkan munculna ambeien.
  • Genetik atau keturunan.
    Ambeien juga dapat di sebabkan karena keturunan. Jika ada slah satu kelurga memiliki riyawat penyakit ambeien. Resiko untuk mengalami penyakit yang sama akan lebih besar bagi anda.
  • Diare.
    Penyakit diare dapat terjadi akibat kurangnya menjaga kebersihan tangan. Karena faktor makanan yang yang terkontaminasi baklteri. Atau karena alergi pada makanan tertentu. Jika diare yang dapat menyebabkan ambeien ialah bahaya diare angkut.
  • Kurang minum.
    Kurang lebih sekitar 70% dari komponen tubuh manusia adalah air. Oleh karena itu konsumsi air sangat penting dalam membantu alat-alat tubuh. Agar tetap dapat dapat berfungsi dengan normal. Jenis air yang banyak ialah air mineral. Dianjurkan dalam sehari minum air mineral 8 gelas dalam sehari.
  • Kehamilan.
    Ibu hamil dapat mengalami ambeien karena adanya perubahan hormon. Yang di produksi selama kehamilan. Ibu yang melahirkan dengan proses persalinan yang normal. Dapat menyebabkan ambeien karena aktifitas mengejan yang terlalu kuat dan keras.
  • Terlalu lama duduk.
    Aktifitas mengerjakan pekerjaan di kantor atau yang di depan komputer. Yang dilakukan setiap hari dalam posisi duduk dalam waktu jangka yang lama. Dapat menyebabkan peredaran darah tidak lancar.

Jadi itulah yang menjadi penyebab dan cara mencegah ambeien perlu kita ketahui bersama, semoga bisa menjadi penambah pengetahuan kita.

Rate here :
BosanBaikBagusBagus SekaliLuar Biasa
Loading...
Leave a Reply

Email Anda Tidak Akan Ditampilkan. Dan Setiap Komentar Atau Pertanyaan Yang Masuk, Otomatis Di Moderasi Oleh Sistem. Tanda [*] Harus Di Isi