Tips Pencegahan Pneumonia

Tips Pencegahan Pneumonia patut kita ketahui, ini akan sangat berguna untuk dikemudian hari agar tidak terkena oleh yang namanya pnemonia. Dalam dunia kedokteran, tidak dikenal istilah paru-paru basah. Yang ada pneumonia, yaitu infeksi yang menyebabkan paru-paru meradang. Kantong-kantong udara dalam paru (alveoli) dipenuhi nanah dan cairan, sehingga kemampuan menyerap oksigen berkurang.

Dr. Prajna Paramita, MD, FCCP, menyebutkan bahwa penyakit ini disebabkan oleh sekitar 30 macam sumber infeksi. Namun, penyebab utamanya adalah bakteri, virus, mikroplasma, jamur, berbagai senyawa kimia, dan partikel. Tips Pencegahan Pneumonia

Meski kasus pneumonia akibat bakteri tidak terlalu banyak, jenis ini cenderung menimbulkan infeksi lebih berat daripada yang disebabkan oleh nonbakteri. Virus sinsitial pernapasan (respiratory syncitial virus atau RSV), painfluenzae, influenzae, dan adenovirus merupakan yang paling kerap menyebabkan pneumonia.

Umumnya infeksi virus saluran pernapasan bawah berlangsung selama musim dingin atau hujan. Dan RSV yang paling umum menjadi penyebab pneumonia, terutama pada bayi.

Tips Pencegahan Pneumonia

Jenis dan parahnya penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk usia, jenis kelemin, musim, dan kepadatan penduduk. Pada anak, infeksi lebih sering mengenai laki-laki dibanding anak perempuan. Puncak serangan infeksi antara usia 2 dan 3 tahun dan sesudahnya akan menurun sedikit demi sedikit.

Beberapa kasus pneumonia tidak disebabkan infeksi mikroorganisme. Bisa juga akibat aspirasi makanan atau asam lambung, benda asing, hidrokarbon, bahan lipoid, reaksi hipersensitivitas dari saluran napas, akibat obat, radiasi, serta kondisi lingkungan.

Agar terhindar dari pneumonia, perlu beberapa langkah strategis untuk pencegahannya, seperti :

  • Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.
  • Mengusahakan sirkulasi udara yang baik.
  • Hindari rokok dan penderita batuk.
  • Makanlah dengan gizi seimbang,
  • Lakukan imunisasi, terutama untuk anak. Vaksin Hb sudah banyak dipakai untuk menangkal pneumonia, selain meningitis. Vaksin ini untuk menangkal serangan bakteri Haemophyllus influenzae tipe B yang bisa menyebabkan kedua jenis penyakit itu.

Pneumonia termasuk jenis penyakit berbahaya, perkuat tubuh dengan gizi seimbang dan menjaga lingkungan adalah langkah terbaik menghindarinya.

Semoga dengan adanya tips tentang pencegahan pneumonia ini dapat membantu anda dalam menghindarinya sejak dini.

Rate here

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *