Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Dan Batin

Perbedaan Anemia Dengan Tekanan Darah Rendah

Perbedaan Anemia Dengan Tekanan Darah RendahSeperti yang sudah kami janjikan pada penjelasan penyebab darah rendah, Bahwa pada artikel ini Akan Membahas Perbedaan Anemia Dengan Tekanan Darah Rendah. Banyak orang mengira anemia dan darah rendah itu sama saja, bahkan keduanya dianggap hanyalah persamaan kata dari satu sama lain. Padahal meski gejalanya mirip, kedua kondisi ini jelas jauh berbeda.

Perbedaan Anemia Dengan Tekanan Darah Rendah

Anemia Atau Kurang Darah Setidaknya Memiliki Tiga Poin Mendasar Yang Menjadi Perbedaan Dengan Darah Rendah, supaya tidak keliru, yuk simak saja penjelasannya berikut ini.

Pengertian.
Anemia atau darah rendah adalah sebuah kondisi dimana kadar hemoglobin dalam darah sangat rendah, atau dibawah rata rata yang menyebabkan pasokan oksigen dalam darah menurun, hal ini karena hemoglobin bertugas meningkatkan oksigen dalam darah. Hal ini cukup mengganggu ritme kerja tubuh, mengingat oksigen adalah salah satu faktor yang sangat penting bagi tubuh untuk bisa berfungsi dengan optimal.

Sedangkan Darah Rendah atau dalam istilah medis disebut sebagai hipotensi mengacu pada suatu kondisi dimana terdapat tanda tanda yang khas, karena aliran tekanan darah yang melalui arteri dan vena seseorang mengalami penurunan, sehingga mengakibatkan menurunnya kemampuan aliran darah ke organ organ penting tubuh yang dapat menyebabkan organ organ tersebut tidak berfungsi normal dan dapat mengakibatkan kerusakan baik sementara maupun permanen.

Jadi Secara sederhananya Cara Membedakan Anemia Dan Darah Rendah Bahwa anemia adalah kurangnya kandungan hemoglobin dalam darah yang mengikat oksigen untuk disalurkan ke seluruh tubuh, sedangkan darah rendah adalah rendahnya tekanan darah dalam tubuh seseorang yang mengakibatkan aliran darah kurang dalam mensuplai oksigen ke seluruh tubuh. kunjungi juga (klik) Cara Mengatasi Darah Rendah.

Gejala
walau memang tidak banyak perbedaannya, Akan Tetapi Ada Beberapa Keluhan yang dirasakan oleh penderitanya.

Gejala kurang darah atau anemia :

  • Pucat pada bagian dalam kelopak mata, untuk memeriksanya silahkan regangkan bagian bawah mata, bila terlihat pucat maka anda mungkin terkena anemia.
  • Merasa cepat lelah, kurangnya oksigen dalam tubuh menyebabkan kurangnya metabolisme tubuh yang menghasilkan energi atau tenaga, akibatnya tubuh jadi cepat lelah.
  • Sakit kepala karena kurangnya suplai oksigen pada otak.
  • Palpitasi yaitu denyut jantung yang tidak teratur, mengalami kecepatan yang tidak normal atau teratur hal itu dilakukan agar pasokan oksigen ke dalam tubuh tercukupi.
  • Ujung jari berwarna pucat dan putih ketika ditekan karena kurangnya sel darah merah dalam tubuh.
  • Sesak napas, hal ini karena paru paru bekerja ektra untuk mendapatkan oksigen lebih banyak agar kebutuhan oksigen tubuh tercukupi.
  • Mual.
  • mual ketika penderita bangun tidur mirip dengan morning sickness pada ibu hamil.
  • Kekebalan tubuh yang menurun karena asupan energi kurang sehingga penderita mudah sakit
    Pucat pada wajah atau terlihat kekuningan.
  • rambut rontok karena kulit kepala mengalami kekurangan oksigen dan ramput pun menipis dan tidak sehat sehingga mudah rontok.

Sedangkan Tekanan Darah Rendah Mempunyai Ciri Ciri :

  • Pusing yang dikarenakan ketidakmampuan aliran darah yang rendah sehingga darah yang dibawa tidak mencukupi.
  • Pingsan yang masih berkaitan dengan ketidakmampuan aliran darah sampai ke otak, hal ini terutama apabila kita dalam posisi berdiri karena aliran darah harus melawan hukum gravitasi.
  • konsentrasi kurang, hal ini karena otak kurang mendapatkan pasokan oksigen sehingga harus bekerja keras dalam berkonsentrasi, dan konsentrasipun akan dengan mudah buyar.
  • Pandangan kabur yang terjadi beberapa saat dan berulang ulang.
  • Mual mual yang tiba tiba dan kadang berulang.
  • Dingin dan kulit pucat karena darah tak cukup mengisi sampai ke jaringan tepi, karena rendahnya tekanan darah.
  • Napas yang cepat dan dangkal merupakan cara tubuh untuk tetap mencukupi pasokan oksigen dalam tubuh.
  • Lemas dikarenakan darah yang berisi energi tidak menjangkau otot dan organ lainnya.
  • Merasa Haus merupakan cara tubuh untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, hal ini karena air merupakan komponen penting dalam pembentukan tekanan darah.

Alat yang digunakan
Penyakit anemia diukur dengan mengunakan Hb meter yang berfungsi untuk mengukur kondisi hb dalam darah, sedangkan darah rendah di ukur dengan mengunakan tensimeter yaitu alat untuk mengukur tekanan darah atau biasa disebut tensi dalam tubuh.

Nah Demikian itulah perbedaan antara tekanan darah rendah dan anemia atau kurang darah. Yang Paling Penting Dari Ketiga Poin Diatas Adalah Mengingat Gejalanya, Supaya Bisa Mendapatkan Pengobatan Yang Tepat Sesuai Dengan Keluhan Yang Anda Derita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *