Penyebab Seseorang Terkena Darah Tinggi

Admin BlogHerbal.com | Penyebab | 398x Dibaca

Mau Tahu Penyebab Seseorang Terkena Darah Tinggi Atau Kita Kenal Hipertensi? jadi artikel ini akan mengupas seputar tekanan darah tinggi. Ketika mengacu pada penyebab hipertensi, itu dibagi menjadi dua kategori :

  • Tekanan darah tinggi esensial (tekanan darah tinggi primer) – tidak ada penyebab telah diidentifikasi.
  • Tekanan darah tinggi sekunder – tekanan darah tinggi memiliki penyebab yang mendasari, seperti penyakit ginjal, atau obat tertentu.

Baca Juga : Pantangan Hipertensi ( Darah Tinggi )

Faktor-Faktor Penyebab Darah Tinggi / Hipertensi

  • Konsumsi Makanan Tinggi Kandungan Garam – Makanan yang bercitarasa gurih memang sangat sedap dan bisa dikonsumsi saat ngemil maupun saat menyantap hidangan utama. Namun, tahukah Anda kalau makanan yang bercitarasa gurih biasanya memiliki kandungan garam yang relatif tinggi dan dapat mempengaruhi tekanan darah Anda? Konsumsi sodium secara berlebihan dapat mengakibatkan tumpukan plak atau pengerasan pembuluh darah yang mengakibatkan tekanan darah mudah meningkat. Jadi, segera batasi konsumsi makanan gurih agar tekanan darah Anda tetap stabil.
  • Jarang Berolahraga – Olahraga tidak hanya baik untuk membentuk tubuh, namun juga melatih jantung dan organ tubuh lainnya untuk tetap fit dan berfungsi dengan prima. Beragam olahraga cardio seperti lari pagi, treadmill, atau sepeda statis bisa menjadi alternatif olahraga simpel untuk menjaga kesehatan jantung serta pembuluh darah Anda.
  • Stres Berkepanjangan – Memang tidak ada yang bisa menolak kondisi stres, tapi tentu Anda tahu bahwa stres itu berbahaya bagi kesehatan. Kondisi stres yang dialami otak membuat tubuh membentuk pertahanan dengan meningkatkan denyut jantung dan kecepatan bernapas yang akhirnya mendorong tekanan darah untuk naik. Agar terhindar dari kondisi stres, segera lakukan aktivitas hobi Anda dan luangkan waktu untuk bersantai sejenak dari rutinitas sehari-hari.
  • Usia – Semakin tua usia seseorang, semakin tinggi pula peluang menjadi korban tekanan darah tinggi. Orang yang lebih tua biasanya berisiko memiliki tekanan sistolik tinggi. Penyebabnya adalah karena pengerasan pembuluh darah yang semakin menjadi ketika usia semakin lanjut. maka dari itu saat masih muda, dianjurkan untuk hidup sehat.
  • Faktor keturunan -Jika dalam keluarga ada sejarah tekanan darah tinggi, Anda harus mulai menmperhatikan kesehatan. Tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh faktor keturunan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan meski pada usia dini.
  • Obesitas / kegemukan – kelebihan berat badan mengacu untuk memiliki berat badan ekstra dari otot, tulang, lemak dan / atau air. Obesitas cenderung untuk merujuk hanya untuk memiliki jumlah tinggi lemak tubuh ekstra. Kedua orang kelebihan berat badan dan obesitas lebih mungkin untuk mengembangkan tekanan darah tinggi, dibandingkan dengan orang dengan berat badan normal.
  • Diabetes – orang dengan diabetes berada pada risiko yang lebih tinggi terkena tekanan darah tinggi. Di antara pasien dengan diabetes tipe 1, hiperglikemia (gula darah tinggi) merupakan faktor risiko untuk kejadian tekanan darah tinggi pada diabetes tipe 1 – terapi insulin intensif mengurangi risiko jangka panjang pengembangan hipertensi. Orang dengan diabetes tipe 2 beresiko darah tinggi akibat hiperglikemia, serta faktor-faktor lain, seperti kelebihan berat badan / obesitas, obat-obatan tertentu, dan beberapa penyakit kardiovaskular.

Jadi Mulai Sekarang Sebisa mungkin untuk menghindari penyebab tekanan darah tinggi seperti yang telah kami jelaskan di atas. bergaya hidup sehatlah yang paling efektif untuk menghindari pemicu dari hipertensi tersebut. jangan lupa share ya ke teman-temannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *