Pantangan Dan Makanan Untuk Penderita Infeksi Radang Panggul

Pantangan Dan Makanan Untuk Penderita Infeksi Radang Panggul juga meski harus diperhatikan dengan baik. Penyakit radang panggul dapat menyebabkan kerusakan permanen pada uterus, ovarium, saluran tuba, atau bagian lain dari sistem reproduksi wanita, radang panggul merupakan penyebab utama penyebab infertilitas pada wanita. Pantangan Dan Makanan Untuk Penderita Infeksi Radang Panggul

Pantangan Penderita Radang Panggul

Untuk pantangan bagi penderita radang panggul ini pertama saya akan membahas tentang makanan terlebih dahulu dan untuk penyakit radang panggul ini anda tidak perlu bersedih dan repot memilih makanan karena semua makanan tidak akan membahayakan atau memperburuk radang panggul anda jadi anda tidak perlu menghindari makanan tertentu, tapi sebaiknya atur pola makan secara baik dan memperhatikan kebersihan makanan tersebut.

Faktor Penyebab Radang Panggul

Berikut adalah faktor-faktor yang dapat menyebabkan radang panggul, diantaranya :

  • Aktifitas kehidupan seksual dan jumlah pasangan, Kehidupan seksual dan radang panggul memiliki hubungan yang sangat erat. selain infeksi primer radang panggul bisa disebabkan oleh aktivitas seksual dan kehidupan seksual yang terlalu berlebihan. karena setiap sperma mengandung bakteri.
  • Tidak memperhatikan kebersihan hubungan seksual, Penderita radang panggul pada anak muda lebih tinggi dibandingkan orang tua. misalnya insiden penyakit PID pada gadis berumur 15-19thn lebih tinggi 3x lipat daripada wanita berumur 25-29th, insiden penyakit PID pada gadis berumur 20-24th lebih tinggi 2x lipat daripada wanita yang berumur 25-29th. Ini merupakan analis dari spesialis kedokteran barat, puncak insiden tepatnya berusia 30th. Insiden ini biasanya lebih tinggi pada anak muda, tidak hanya karena masa produktif dari aktivitas seksual tetapi juga karena pasangan seksual yang tidak labil.
  • Penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim, Sebagian besar wanita yang menggunakan alat kontrasepsi dalam rahim tingkat risiko terkena penyakit adalah 2-4x lipat, ada juga yang 15x lipat. Tentu saja penyakit ini sangat erat hubungannya dengan penggunaan alat kontrasepsi, seperti IUD yang memiliki ekor rentan terhadap radang panggul,ekor kawat yang lembah dan basah dapat menjadi penopang kegiatan bakteri.peradangan atau infeksi yang disebabkan oleh IUD disebabkan oleh bakteri non-gonorrhoeae.
  • Riwayat penyakit radang panggul, Kejadian berulang riwayat radang panggul adalah tidak lebih dari 20x, sekitar 20-25% pasien yang terkena radang panggul ada kemungkinan kambuh lagi. Sebagian besar orang mengira adalah peradangan kronis yang disebabkan oleh serangan akut, dan dianggap sebagai infeksi berulang. Sehingga mudah terjadi infeksi karena saluran epitel tuba terluka, serta gangguan mekanisme pertahanan daerah lokal. Mitra seksual yang tidak melakukan pengobatan infeksi merupakan faktor penyebab penting, penggunaan antibodi untuk pengobatan penyakit tidak akan mudah kambuh kembali.
  • Pasangan tidak melakukan pengobatan total terhadap penyakit, faktor patogen pasangan lain pria atau wanita yang terkena infeksi dan penyakit berulang, sementara ada sekitar 80% pasangan dari wanita yang menderita radang panggul tidak dilakukan pengobatan tuntas, tidak jelasnya gejala kondisi suatu penyakit bukan berarti berarti ada infeksi lain seperti bakteri gonorrhea.

Makanan Yang Baik Untuk Infeksi Radang Panggul

Saat menjalani proses penyembuhan, usahakan sertai menu makanan yang dianjurkan bagi penderita radang panggul minimal seminggu 3x. makanan tersebut berupa :

  1. Kunyit, Para peneliti menyebutkan bahwa aktivitas anti-inflamasi kurkumin yang terkandung dalam kunyit menghasilkan respon anti-inflamasi yang lebih baik dibandingkan plasebo.
  2. kedelai, Dalam salah satu studi, perubahan aktivitas anti-inflamasi dari kedelai isoflavonoidgenistein dibandingkan genistein yang tergabung dalam dua jenis turunan siklodekstrin, menemukan bahwa genistein merupakan sifat yang mengandung anti-inflamasi andits kompleksasi dengan derivatif beta-siklodekstrin hidrofilik mengarah ke aktivitas anti-inflamasi kuat.
  3. Kulit dan biji anggur, Efek anti-inflamasi dari resveratrol dan penggunaan potensinya dalam terapi penyakit, peneliti terbaru menyebutkan mengenai efek anti-inflamasi resveratrol, mekanisme aksi, dan potensinya dalam anggur sangat baik untuk digunakan terapi.
  4. Bawang putih, Dalam studi senyawa Sulfur diisolasi dari bawang putih mengerahkan sifat anti-inflamasi, menyarankan bahwa thiacremonone diberikan sifat anti-inflamasi dan anti-rematik melalui penghambatan aktivasi NF-kappaB melalui interaksi dengan kelompok sulfhidril molekul NF-kappaB, dan dengan demikian bawang putih bisa menjadi agen yang berguna untuk pengobatan penyakit inflamasi dan rematik.
  5. Castor Oil, Gunakan minyak ini untuk memijat daerah panggul sebagai cara yang efektif untuk meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit radang panggul.
  6. Makan makanan kaya vitamin C, Vitamin ini membantu leher rahim Anda membuat kolagen, yang diperlukan untuk menahan sel serviks Anda, mencegah infeksi bakteri. Makanan yang kaya vitamin C antara lain jeruk dan buah yang lainnya.

Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu anda khususnya wanita dalam menangani penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *