Olahraga Yang Sehat Dan Aman Untuk Penderita Jantung

Admin BlogHerbal.com | Anjuran | 363x Dibaca

Olahraga Yang Sehat Dan Aman Untuk Penderita JantungOlahraga yang aman salah satu faktor penting untuk kita lakukan jika kita telah didiagnosa menderita penyakit jantung atau telah melakukan tindakan operasi.

Berikut Tips Olahraga Yang Sehat Penderita Penyakit Jantung

  • Kecepatan. Jangan melakukan terlalu banyak dan terlalu cepat. Berikan waktu bagi tubuh Anda untuk beristirahat antara latihan.
  • Jangan berolahraga di luar ruangan ketika udara terlalu dingin, panas, atau lembab. Kelembaban tinggi dapat membuat Anda bosan lebih cepat. Suhu ekstrim dapat mengganggu sirkulasi, membuat sulit bernapas, dan menyebabkan nyeri dada. Pilihan yang lebih baik adalah aktivitas dalam ruangan seperti berjalan santai di pusat perbelanjaan.
  • Tetap terhidrasi. Minum banyak air bahkan sebelum Anda merasa haus, terutama pada hari-hari panas.
  • Hindari mandi dengan air sangat dingin atau panas atau mandi sauna setelah latihan. Karena suhu ekstrim membuat jantung bekerja lebih keras.
  • Jangan berolahraga di daerah perbukitan. Jika Anda harus berjalan di daerah yang curam, sebaiknya perlambat gerak Anda saat menanjak untuk menghindari jantung bekerja terlalu keras.
  • Jika program latihan Anda akan terganggu selama beberapa hari (misalnya karena sakit, liburan, atau cuaca buruk), untuk mempermudah kembali ke rutinitas latihan awal, mulailah dengan penurunan intensitas latihan, dan secara bertahap kembali ditingkatkan seperti sedia kala.

Catatan Penting: Sebelum melakukan olahraga sebagaimana yang ada di tips di atas, sebaiknya hubungi dokter terlebih dahulu. nanti Dokter akan memberitahu kepada Anda jenis olahraga yang aman.

Sebelum Berolahraga, Perhatikan Dulu Kondisi Kita

Hentikan latihan jika Anda menjadi terlalu lelah atau sesak napas, kemudian temui dokter Anda dan beritahukan tentang gejalanya.

Jangan berolahraga jika Anda tidak merasa baik atau demam. Orang dengan masalah jantung harus menunggu beberapa hari setelah semua gejala hilang sebelum memulai kembali program latihan, kecuali dokter Anda memberikan arah lainnya.

Baca juga : Jenis Makanan Yang Dilarang Penyakit Jantung

Hentikan aktivitas jika Anda merasakan detak jantung yang cepat atau tidak teratur atau mengalami jantung berdebar-debar. Periksa denyut nadi Anda setelah Anda beristirahat selama 15 menit. Jika masih di atas 100-120 denyut per menit, segera hubungi dokter.

Jika Anda merasa sakit saat berolahraga, jangan mengabaikannya. Berhenti ketika Anda memiliki nyeri dada atau nyeri di tempat lain di tubuh Anda, karena bisa melukai sendi Anda.

Berhenti dan beristirahat dari aktifitas fisik atau olahraga jika Anda :

  • merasa lemah.
  • pusing.
  • mengalami peningkatan berat badan yang tidak dapat dijelaskan atau mengalami pembengkakan – hubungi dokter segera.
  • Merasakan tekanan atau nyeri di dada, leher, lengan, rahang, atau bahu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *