Jenis Jenis Penyakit Hernia

Admin BlogHerbal.com | Lain Lain | 192x Dibaca

Yang namanya penyakit hernia atau dikenal juga dengan sebutan turun berok pasti semuanya sudah mengetahuinya kan? jadi artikel ini akan membagikan tentang Jenis Jenis Penyakit Hernia yang pada umumnya kurang begitu diketahui.

Beragam Jenis HerniaPenyakit Hernia atau turun berok adalah sebuah kondisi medis dimana terjadi perpindahan salah satu organ tubuh yang berada di tempat tertentu ke tempat lainnya. Kondisi seperti ini biasanya terjadi pada daerah usus, lipatan paha, dll. namun yang paling sering menderita Penyakit Hernia adalah kaum pria.

Ada Tiga Kategori Dari Macam Macam Jenis Penyakit Hernia Ini, Yaitu :

Kategori Pertama >> Berdasarkan proses terjadinya penyakit Hernia
Hernia congenital atau bawaan – Penyakit hernia bawaan terjadi ketika seorang menderita penyakit ini sejak kecil. Penyakit ini diakibatkan oleh ketidak sempurnanya procesus vaginalis untuk menutup permukaan kulit ketika testis turun.

Hernia akuisita atau bukan bawaan – Bukan bawaan, atau penyakit yang terjadi sejak anak-anak. Kondisi seperti ini terjadi karena adanya tekanan yang terlalu tinggi dari bagian perut, hal ini biasanya terjaid karena faktor usia yang membuat otot dinding bagian perut melemah.

Kategori Kedua >> Berdasarkan letak Hernia
Hernia Insisi – Kondisi ini terjadi, ketika ada beberapa jaringan yang muncul melalui luka bekas operasi di abdomen yang belum sembuh.

Inguinalis – Jenis seperti ini banyak dialami oleh para pria, dan istilah yang paling sering digunakan untuk penyakit ini adalah turun berok. Seseorang yang mempunyai penyakit ini akan mempunyai benjolan, pada bagian perut atau di selakangan. Pasien yang mempunyai penyakit tersebut akan merasa sakit ketika berjalan, atau belakukan beberapa aktifitas tertentu. Penyakit seperti ini biasanya disebabkan oleh batuk, obesitas, angkat beban dan juga konstipasi.

Umbilicus – Penyakit ini terjadi ketika beberapa jaringan lemak atau juga sebagian usus keluar dari abdomen dan menonjol ke daerah pusar.

Hernia hiatus – Kondisi ini terjadi ketika ada salah satu bagian perut yang masuk melalui celah diafragma hingga masuk ke dalam rongga dada.

Hernia femoralis – Yang dimaksud dengan hernia femoralis adalah sebuah kondisi dimana terdapat jaringan lemak atau bahkan sebagian usus yang mencuat ke bagian paha bagian atas atau ke daerah selakangan.

Hernia Spigelian – Kondisi ini terjadi ketika sebagian usus keluar dari abdomen di bagian otot perut bagian samping, kemudian mencuat ke bawah pusar.

Hernia epigastrik – Kondisi seperti ini terjadi karena adanya jaringan lemak yang keluar dari andomen hingga ke antara pusar dan tulang dada di bagian bawah.

Hernia otot – Adalah sebuah kondisi dimana sebagian otot keluar hingga bagian abdomen. Jenis seperti ini biasanya sering terjadi pada otot kaki akinat cidera saat berolahraga.

Kategori Ketiga >> Berdasarkan sifat Hernia
Reponibel – Penyakit Hernia reponibel dapat terjadi ketika isi hernia keluar atau masuk dalam jangka waktu yang singkat.

Hernia irreponibel – Adalah sebuah kondisi ketika isi kantung hernia, tidak dapat dikembalikan ke tempat semula.

Strangulata – Ini adalah sebuah rasa nyeri, rasa ini terjadi ketika pembuluh darah terjepit.

Incarserata – Adalah tanda obsruktif, dimana pasien tidak dapat buang air kecil atau tidak dapat buang air besar, atau nyeri ketika buang angin.

Hernia akreta – Adalah sebuah kondisi ketika pasien tidak mengelukan rasa nyeri atau tidak ada sumbatan pada usus akibat penyakit ini. Penyakit Hernia ini mungkin terbilang tidak berbahaya, namun alangkah baiknya jika terjadi gejala, lekas diobati, untuk mencegah jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ternyata Lumayan Banyak Juga Yah Jenis Jenis Penyakit Hernia, Dan semoga ulasan ini bisa memberikan manfaat untuk semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *