Ini Faktor Penyebab Dan Gejala Tukak Lambung

Penyebab Dan Gejala Tukak LambungTukak lambung merupakah keluhan yang memang hampir mirip juga dengan sakit maag, akan tetapi kedua masalah kesehatan ini tetap ada perbedaannya. namun yang hendak kami bahas disini, yakni penyebab dan gejala tukak lambung.

Penyebab Tukak Lambung

Kita akan mengawali pembahasan kali ini dengan penyebab penyakit tukak lambung, diantaranya :

  • Helicobacter pylori (H. pylori) – bakteri yang dapat menyebabkan infeksi perut dan peradangan.
  • Orang yang sering menggunakan aspirin, ibuprofen, dan obat anti-inflamasi lainnya (risiko yang terkait dengan perilaku ini meningkat pada wanita dan orang-orang di atas usia 60).
  • Merokok – Tidak hanya menyebabkan tukak lambung, tetapi juga meningkatkan risiko komplikasi dari penyakit ini seperti perdarahan lambung, obstruksi lambung, dan perforasi. Merokok juga merupakan penyebab utama kegagalan pengobatan tukak lambung.
  • Minum terlalu banyak alkohol – Alkohol dapat mengiritasi dan mengikis lapisan lendir perut Anda, dan meningkatkan jumlah asam lambung yang diproduksi.
  • Terapi radiasi dan Kanker perut.
  • Usia 50 tahun atau lebih tua
  • Produksi asam berlebih dari gastrinomas, tumor dari sel-sel asam memproduksi perut yang meningkatkan output asam (terlihat pada sindrom Zollinger-Ellison).
  • Stress – Selama berabad-abad, stres dianggap menjadi faktor utama dalam membentuk tukak lambung dan memperburuk gejala penyakit ini.
  • Makanan tertentu – beberapa jenis makanan seperti makanan asam dan pedas diketahui dapat berkontribusi terhadap pembentukan penyakit tukak lambung.

Gejala Tukak Lambung

Tukak lambung sebaiknya diwaspadai dan segera dirawat sebelum menjadi semakin parah. oleh karena itu, sangat penting mengetahui gejala-gejala tukak lambung yang sering kita abaikan berikut ini :

Sakit perut
Salah satu gejala paling penting dan terlihat adalah rasanya sakit pada bagian perut. Namun rasa sakit yang berkaitan dengan tukak lambung biasanya terjadi di daerah antara pusar dengan tulang dada. Biasanya rasa sakit akibat tukak lambung akan semakin parah dalam keadaan perut kosong di malam hari.

Rasa sakit ini juga bisa mereda jika seseorang mengonsumsi makanan tertentu. Rasa sakit akibat tukak lambung juga tidak berlangsung terus-menerus namun biasanya terasa dalam beberapa hari dan menghilang. Jika Anda merasa sakit perut semacam ini dan sering merasakan kadar rasa sakit yang tajam dan parah, kemungkinan itu adalah tukak lambung.

Perubahan nafsu makan
Gejala awal tukak lambung lainnya adalah berubahnya nafsu makan. perubahan nafsu makan yang labil, misalkan merasa cepat kenyang pada suatu waktu kemudian merasa selalu lapar di waktu lain yang tak jauh berbeda. Jika ini terjadi, ada kemungkinan Anda memiliki tukak lambung.

Penurunan berat badan
Selain perubahan nafsu makan, salah satu gejala tukak lambung adalah turunnya berat badan. hal ini tentu sangat berkaitan dengan berubahnya nafsu makan di poin sebelumnya. Perubahan nafsu makan yang terus signifikan serta rasa sakit perut yang sering datang dan pergi bisa membuat orang malas makan hingga akhirnya mengalami penurunan berat badan.

Mual dan muntah
Mual dan muntah tak hanya jadi tanda masuk angin atau gas lambung yang meningkat, namun juga bisa menjadi salah satu gejala tukak lambung. Hal ini disebabkan oleh cairan lambung yang tidak seimbang. Selain itu, jika tukak lambung sudah semakin parah, seseorang juga bisa mengalami muntah darah. Jika ini yang terjadi harus segera dilakukan tindakan cepat karena berarti tukak lambung sudah ada dalam tahap yang serius.

Warna kotoran berubah
Semua masalah yang berkaitan dengan pencernaan biasanya bisa dideteksi melalui kotoran, baik bentuk, bau, hingga warnanya. Tak terkecuali dengan tukak lambung. Namun biasanya, deteksi melalui kotoran baru bisa dilakukan ketika tukak lambung sudah dalam tahap serius. Tukak lambung bisa menyebabkan warna kotoran berubah menjadi lebih gelap. terkadang juga ada darah yang bercampur dengan kotoran.

Itulah beberapa poin penting gejala dan penyebab tukak lambung yang patut kita waspadai sejak awal.

Rate here
( rating 5.00 out of 5)
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *