Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Dan Batin

Gejala Dan Penyebab Kanker Usus Besar

Dikarenakan jarang disadari banyak juga yang tidak mengetahui gejala dan penyebab kanker usus besar. penyakit kanker dapat terjadi pada hampir seluruh organ tubuh manusia termasuk pada saluran pencernaan salah satunya kanker usus besar.

gejala munculnya dan penyebab kanker usus besar

Gejala Kanker Usus Besar

Gejala Atau Tanda Yang Dialami Oleh penderita kanker usus besar bisa berupa :

1.Keluarnya darah pada saat BAB
Gejala atau tanda pertama seseorang mengalami penyakit kanker usus besar adalah keluarnya darah bersamaan dengan tinja. Karena terjadinya gangguan pada sistem pencernaan sehingga pada saat BAB akan mengeluarkan darah. Gangguan pada sistem pencernaan pun dapat dilihat dari tekstur tinja yang biasanya menjadi lebih panjang dan lebih tipis.

2.Terjadi gangguan BAB
Gejala kanker usus kedua ditandai dengan gangguan BAB. Karena berkembangnya sel kanker pada organ usus sehingga merusak sistem dan fungsi pencernaan, alhasil dapat menyebabkan gangguan BAB seperti, sembelit, diare, ataupun BAB yang tidak teratur. Jika anda mengalami hal seperti itu yang berkepanjangan maka segera periksakan kondisi anda.

3.Anemia
Pada saat seseorang menderita kanker usus besar maka gejala yang dialami adalah anemia. Darah akan banyak keluar pada saat BAB hal ini akan bepengaruh terhadap kadar hemoglobin yang dapat menyebabkan penyakit anemia. Anemia ini ditandai dengan tubuh mudah merasa lemas dan kulit menjadi pucat.

4.Tubuh mudah merasa lelah
Bagi penderita kanker usus, akan mengalami rasa lelah yang berkepanjangan meskipun tidak melakukan aktivitas yang berat. Hal ini biasanya terjadi karena penyakit anemia.

5.Berat badan menurun drastis
Penderita kanker usus besar akan mengalami penurunan berat badan yang drastis, meskipun porsi makan tetap sama tidak ada perubahan atau pengurangan sedikit pun. Hal ini disebabkan karena gangguan pada sistem pencernaan yang membuat tubuh tidak dapat mencerna makanan dengan baik.

6.Perut terasa tidak enak
Gejala atau tanda terakhir dari penderita kanker usus besar adalah perasaan yang tidak enak pada perut seperti kembung, nyeri, kram, peradangan dan lain lain. Perasaan tidak nyaman tersebut terjadi akibat dari pertumbuhan jaringan sel kanker yang merusak sistem pencernaan.

Jika Mengalami Seperti Diatas, sebaiknya segera untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mendapatkan penanganan yang serius. Kunjungi Juga Artikel obat herbal alami kanker usus besar

Penyebab Kanker Usus Besar

Pada seseorang dengan gejala kanker usus, ada baiknya juga mengenal penyebab hadirnya kanker usus besar, guna membantu disaat hendak menjalani terapi pengobatan itu sendiri. Adapun beberapa hal yang menyebabkan tumbuhnya kanker pada saluran pencernaan usus, diantaranya adalah :

– Faktor usia, bukan berarti usialah yang menyebabkan tumbuhnya kanker usus besar, hanya saja saat usia 50 tahun, dengan perbandingan 1 dari 4 orang ada yang memiliki polip, dan polip ini memicu adanya peningkatan kanker.

– Selain itu faktor konsumsi alkohol, karena alkohol dapat memicu tumbuhnya kanker kolorektal.

– Faktor penyakit deabetes juga dapat berpengaruh, karena biasanya orang yang mengidap penyakit diabetes akan bergantung pada insulin, sehingga 40% yang mengidap penyakit diabetes memiliki resiko terkena kanker usus besar, dibanding yang tidak mengidap penyakit diabetes. Jadi apabila sudah mengalami gejala kanker usus besar, anda harus periksakan pada dokter.

– Faktor makanan yang mengandung lemak tinggi, kolesterol, dan makanan rendah serat juga dapat mempengaruhi resiko kanker usus besar.

– Kaitan genetik juga dapat menyebabkan terjadinya kanker usus besar sekitar 25%, contohnya yang umum dari kanker ini termasuk ke dalam mutasi yang menuju Familial Adenomatosa Poliposis (FAP) dan kanker kolorektal non-poliposis herediter.

– Penyakit peradangan usus yang ditandai dengan ulcerative colitis dan penyakit Chorn dapat meningkatkan dan mengembangkan resiko kanker kolorektal.

– Olahraga yang kurang juga termasuk penyebab yang dapat mengembangkan potensi tumbuhnya kanker pada usus besar.

Dari kedua poin penting diatas yaitu penyebab serta gejala kanker usus besar, menjadi tolak ukur anda dalam membantu pencegahan lebih dini dan pengobatan lebih awal, dengan begitu proses penyebaran kanker bisa cepat diatasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *