Ciri-Ciri Kelenjar Tiroid, Penyebab

Admin BlogHerbal.com | Gejala, Penyebab | 1054x Dibaca

Ciri-ciri Kelenjar Tiroid, Penyebab Kelenjar TiroidTahukah anda bahwa adanya kelainan pada organ kelenjar tiroid yang menyebabkan adanya pembengkakan yang secara terus menerus dapat berkembang semakin besar, itulah yang disebut dengan kelenjar tiroid. untuk itu kami disini membahas Penyebab dan Ciri-Ciri Kelenjar Tiroid yang mesti anda ketahui.

Penyebab Kelenjar Tiroid

Penyebab yang paling umum terjadi dikarenakan penyakit sistem kekebalan tubuh,yang disebut Tiroiditis Hashimoto. Pemicu umumnya tidak diketahui. Biasanya sistem kekebalan tubuh membuat antibodi untuk menyerang bakteri, virus, dan kuman-kuman lainnya. Namun jika dalam tubuh kita terdapat Tiroiditis Hashimoto, maka sistem imun membuat antibodi yang menyerang kelenjar tiroid kita. Sehingga kelenjar tiroid tidak dapat menghasilkan hormon tiroksin yang cukup. Disamping itu, dapat juga disebabkan karena kelenjar pituitari dalam otak yang menghasilkan hormon TSH (hormon yang berfungsi untuk merangsang tiroid menghasilkan tiroksin) dalam jumlah banyak.

Ciri-Ciri Kelenjar Tiroid

Ada beberapa macam Ciri-Ciri Kelenjar Tiroid yang kadang-kadang setiap orang bervariasi dirasakannya. namun yang paling utama adalah dengan adanya benjolan pada leher bagian depan, menandakan bahwa adanya benih kanker yang berkembang pada jaringan kelenjar tiroid. simak selengkapnya :

  • Adanya benjolan pada leher bagian depan – benjolan pada leher bagian depan ini merupakan ciri khusus yang selalu menyertai seseorang jia terkena penyakit kanker tiroid
  • Terjadinya rasa nyeri pada daerah anterior leher – rasa nyeri tersebut tidak terus menerus terjadi pada seseorang penderita kanker tiroid. Kadangkala terjadi rasa nyeri pada tengah malam sebelum tidur dan kadangkala terjadi pada pagi hari setelah bangun tidur.
  • Mengalami perubahan suara – seorang penderita penyakit kelenjar tiroid selalu mengalami perubahan suara. Hal ini dikarenakan pita suara tertekan oleh jaringan kanker yang membesar pada kelenjar tiroid tersebut.
  • Gugup dan tremor – Gejala-gejala ini, bersama dengan agitasi, bisa menandakan adanya fungsi berlebihan dari kelenjar tiroid (hipertiroidisme).
  • Penurunan kekuatan mental dan konsentrasi yang buruk – fungsi mental dapat terpengaruh dalam kedua hipertiroidisme (peningkatan kadar hormon tiroid) dan hipotiroidisme (terlalu rendahnya tingkat  hormon tiroid). Sementara kelesuan dan suasana hati dan depresi sering dikaitkan dengan hipotiroidisme, hipertiroidisme dapat menyebabkan berkurangnya konsentrasi .
  • Perubahan Menstruasi – Hypothyroidism kadang-kadang dikaitkan dengan perdarahan menstruasi yang berlebihan atau berkepanjangan, sementara hipertiroidisme dapat dicirikan dengan hanya sedikit atau berkurangnya aliran menstruasi .
  • Merasa kembung – Retensi cairan sering merupakan tanda dari kelenjar tiroid yang kurang aktif
  • Detak jantung cepat – Denyut jantung yang meningkat (tachycardia) dan palpitasi merupakan salah satu gejala hipertiroid .
  • Sakit dan nyeri – nyeri otot dan nyeri dapat menyertai berbagai jenis masalah tiroid .
    Peningkatan berat badan: Adanya sedikit penambahan berat badan sering menyertai kondisi di mana aktivitas kelenjar tiroid lebih rendah dari normal.
    Kadar kolesterol tinggi: Peningkatan kadar kolesterol darah dapat terjadi pada individu dengan hipotiroidisme.
  • Intoleransi pada panas – Orang dengan kelenjar tiroid yang terlalu aktif sering mengeluh intoleransi terhadap suhu yang lebih tinggi .
  • Merasa kedinginan – Sebaliknya , orang-orang dengan kelenjar tiroid yang kurang aktif mungkin merasa terus-menerus dingin.

Setelah memahami ciri-ciri kelenjar tiroid beserta dengan penyababnya, tak lupa juga untuk membaca sebuah artikel yang sangat kami rekomendasikan yaitu klik cara mengobati penyakit kelenjar tiroid

Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan kita tentang kelenjar tiroid. kami juga sangat berharap sekali pastisipasi anda dalam menyebarluaskan artikel ini, cukup dengan menekan tombol share tersedia dibawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *