Cara Mencegah Radang Otak (meningitis)

Admin BlogHerbal.com | Mencegah | 520x Dibaca

Cara Mencegah Radang Otak (meningitis) – merupakan penyakit yang tidak bisa kita remehkan. Penyakit ini menular disebabkan oleh virus atau bakteri yang menyerang selaput di sekeliling otak dan sumsum tulang belakang ini berisiko sangat serius jika tidak cepat ditangani dengan baik.Cara mencegah radang otak

Mencegah Radang Otak (meningitis)

Untuk tips Mencegah Radang selaput Otak atau kita kenal juga dengan meningitis, setidaknya ada lima poin penting yang mesti kita perhatikan, diantaranya :

  • Vaksinasi.

Banyak orang yang belum menyadari pentingnya pemberian vaksinasi yang merupakan perlindungan primer untuk mencegah infeksi penyakit. Meningitis yang merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus dan bakteri dapat dicegah salah satunya dengan melakukan vaksinasi secara rutin. Vaksin akan bekerja dua pekan setelah disuntik karea antibodi baru akan terbentuk selama dua pekan setelah dimasukkan vaksin. Vaksin tersebut kemudian akan aktif selama tiga tahun.

  • Tingkatkan daya tahan tubuh.

Dr. Irawan juga menyarankan pentingnya menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan atau daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi makanan-makanan bernutrisi, rajin berolahraga serta makan tepat waktu. Selain itu kelelahan juga salah satu faktor penyebab daya tahan tubuh menurun sehingga Anda juga disarankan memiliki waktu istirahat yang cukup setiap harinya.

  • Jaga kebersihan.

Virus dan bakteri tentu saja dapat masuk ke dalam tubuh dan menyerang organ-organ tubuh mereka yang tidak menjaga kebersihan dengan baik. Untuk itu, pastikan Anda selalu mencuci tangan dengan sabun sehabis menyentuh barang-barang yang mengandung banyak bakteri dan kuman seperti handphone, uang dan barang-barang lainnya terutama yang umum dan sering disentuh oleh banyak orang. Selain itu, Anda juga dapat menyediakan hand sanitizer di dalam tas kemanapun Anda pergi.

  • Hindari kontak langsung dengan penderita.

Kemungkinan penularan penyakit ini antara lain dari batuk, bersin, berciuman dan kontak-kontak lainnya. Untuk itu, pastikan Anda menghindari kontak langsung dengan penderita penyakit radang selaput otak atau meningitis serta hindari memakai barang-barang bersama seperti memakai sikat gigi bersama, berbagi makanan dengan satu sendok, dan sebagainya.

  • Gunakanlah anti biotik

Gunakan antibiotik saat bersama dengan orang orang yang terjangkit virus. Hal ini digunakan untuk mencegah mudahnya vius radang selaput otak menyebar.

Setelah Membaca Cara Mencegah Penyakit Radang Selaput Otak, tak lupa juga anda membaca artikel kami yang lainnya, berupa gejala radang otak dan ramuan alami mengobati radang otak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *