Beberapa Macam Masalah Dalam Gangguan Haid

Admin BlogHerbal.com | Lain Lain | 2164x Dibaca

Macam-Macam Masalah Dalam Gangguan Haid – Biasanya Sebagaian Kaum Hawa Mendapatkan Keluhan saat menstruasi datang. benarkan? seperti rasa nyeri, pendarahan berat serta periode yg dilewati.

Baca Juga :
Penyebab Sakit Haid
Haid Tidak Teratur Dan Tidak Lancar

Mengenal Macam-Macam Gangguan Dalam Haid

Inilah Macam-Macam Gangguan Haid Atau Menstruasi Pada Wanita Diantaranya :

1. Amenore adalah tidak adanya periode menstruasi. Istilah ini digunakan untuk mendeskripsikan ketiadaan periode pada :

A. perempuan muda yang belum mulai menstruasi pada usia 15.

B. wanita yang digunakan untuk memiliki periode reguler, namun tidak memiliki satu untuk 90 hari.

C. perempuan muda yang belum memiliki periode selama 90 hari, bahkan jika mereka belum lama menstruasi. Penyebabnya dapat mencakup kehamilan, menyusui, dan penurunan berat badan ekstrim yang disebabkan oleh penyakit serius, gangguan makan, berolahraga berlebihan, atau stres. Masalah hormonal, seperti yang disebabkan oleh sindrom ovarium polikistik (PCOS) atau masalah dengan organ reproduksi, mungkin terlibat. Hal ini penting untuk berbicara dengan dokter.

2. Dysmenorrhea atau menyakitkan periode, termasuk kram parah. Ketika kram menstruasi terjadi pada remaja, penyebabnya adalah terlalu banyak bahan kimia yang disebut prostaglandin. Kebanyakan remaja dengan dysmenorrhe tidak memiliki penyakit serius meskipun kram dapat parah. Pada wanita yang lebih tua, penyakit atau kondisi seperti fibroid rahim atau endometriosis, kadang-kadang menyebabkan rasa sakit. Untuk beberapa wanita, menggunakan bantal pemanas atau mandi hangat membantu meringankan kram.

3. Perdarahan uterus abnormal adalah pendarahan miss V yang berbeda dari periode menstruasi atau haid normal. Ini termasuk perdarahan sangat berat atau periode sangat panjang, periode terlalu dekat bersama-sama, dan perdarahan antara periode. Dalam kedua remaja dan wanita mendekati menopause, perubahan hormon bisa menyebabkan waktu yang lama bersama dengan siklus tidak teratur. Bahkan jika penyebabnya adalah perubahan hormonal.

Beberapa kasus, penyebab perdarahan menstruasi berat tidak diketahui, namun sejumlah kondisi dapat menyebabkan menorrhagia seperti :

A. Ketidakseimbangan hormonal. Dalam siklus menstruasi normal, keseimbangan antara hormon estrogen dan progesteron mengatur penumpukan lapisan rahim (endometrium) yang ditumpahkan selama menstruasi. Jika terjadi ketidakseimbangan hormon, endometrium berkembang di gudang berlebih dan akhirnya dengan cara perdarahan menstruasi berat.

B. Disfungsi ovarium. Jika ovulasi tidak terjadi dalam siklus menstruasi (anovulasi), progesteron tidak diproduksi. Hal ini menyebabkan ketidakseimbangan hormonal dan dapat menyebabkan menorrhagia.

C. Uterine fibroid. Ini ( jinak ) bukan kanker atau tumor rahim yang muncul selama tahun-tahun. Uterine fibroid dapat menyebabkan berat dari perdarahan menstruasi normal atau berkepanjangan.

D. Polip. pertumbuhan jinak pada lapisan dinding rahim ( polip rahim ) dapat menyebabkan perdarahan menstruasi berat atau berkepanjangan. Polip rahim yang paling umum terjadi pada wanita usia reproduksi sebagai akibat dari kadar hormon yang tinggi

E. Adenomyosis. Kondisi ini terjadi ketika kelenjar endometrium menjadi dari tertanam dalam otot rahim, sering menyebabkan perdarahan menstruasi berat dan menyakitkan. Adenomyosis yang paling mungkin untuk mengembangkan jika Anda seorang wanita setengah baya yang telah memiliki anak.

F. Intrauterine device (IUD). Menorrhagia adalah terkenal efek samping dari menggunakan alat kontrasepsi non-hormon untuk pengendalian kelahiran. Ketika IUD adalah penyebab dari perdarahan menstruasi yang berlebihan, disarankan mungkin perlu untuk menghapusnya.

G. Kehamilan komplikasi A tunggal berat. periode akhir mungkin karena keguguran. Jika perdarahan terjadi pada waktu yang biasa haid, bagaimanapun, keguguran tidak mungkin menjadi penyebabnya. Kehamilan ektopik, implantasi telur dibuahi di dalam tuba falopi bukan rahim, juga dapat menyebabkan menorrhagia.

H. Kanker Serviks, Kanker Ovarium dapat menyebabkan perdarahan menstruasi yang berlebihan.

I. Gangguan pembekuan darah – seperti penyakit von Willebrand, suatu kondisi di mana yang penting faktor pembekuan darah adalah kurang atau terganggu, sehingga dapat menyebabkan perdarahan menstruasi normal. ada beberapa istilah dalam pendarahan abnormal rahim yaitu :

** Menorrhagi: perdarahan rahim lebih 7 hari atau jumlah perdarahan yang berlebihan (lebih dari 80 ml per hari)
** Metrorrhagia: perdarahan rahim ( biasanya dalam jumlah normal ) yang terjadi dengan interval waktu tidak teratur atau lebih panjang.
** Menometrorrhagia: perdarahan rahim yang berlebihan dalam jumlah dan lamanya perdarahan, dapat terjadi dalam periode menstruasi maupun di antara periode menstruasi. Perdarahan rahim yang bervariasi dalam hal jumlahnya (biasanya sedikit) pada periode menstruasi.
** Polymenorrhea: menstruasi yang terjadi dengan interval kurang dari 21 hari.
** Olygomenorrhea: menstruasi yang terjadi dengan interval antara 35 hari hingga 6 bulan.
** Estrogen: hormon reproduksi wanita, yang selama siklus menstruasi menghasilkan lingkungan yang sesuai untuk fertilisasi, implantasi dan pemberian zat makanan pada permulaan embrio.
** Progesteron: hormon yang berfungsi mempersiapkan rahim untuk menerima dan mengembangkan sel telur Hm..sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi penyebab pendarahan tidak normal.Nich saya berikan beberapa pemicunya;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *