Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir Dan Batin

Apa Itu Parkinson? Kenali Juga Penyebabnya

Pengertian Parkinson Serta Penyebabnya akan kami uraikan secara lengkap pada artikel ini. Tubuh bisa melakukan pergerakan seperti pergerakan jari, tangan, kaki dsb, karena ada sel-sel saraf di dalam otak bagian tengah. Bagaimana seandainya jika sel-sel saraf otak tersebut mengalami gangguan, maka pergerakan-pergerakan tubuh pun ikut terganggu sehingga tidak mampu bergerak dengan baik. penyebab penyakit parkinson dan pengertiannya

Apa Itu Parkinson ?

Penyakit Parkinson adalah salah satu penyakit pada otak yakni sebuah konidisi dimana adanya penurunan sel-sel saraf otak bagian tengah yang berfungsi untuk mengatur pergerakan tubuh dalam waktu cukup panjang akibatnya seseorang tidak mampu melakukan pergerakan tubuh dengan baik.

Misalnya terlihat seperti tremor atau gemetaran, ketika seseorang melakukan pergerakan tangan terlihat tangannya gemetaran, namun demikin tidak hanya terlihat pada fisiknya saja, psikologisnya pun bisa terlihat.

Penyakit Parkinson baru akan menyerang ketika usia memasuki 50 tahun tapi ada sekitar 5 persen orang yang mengalami gejalanya pada usia 40 tahun, jadi parkinson lebih sering dialami oleh mereka para lansia ( orang tua usia 50 tahunan keatas ).

Penyakit parkinson sendiri terbagi atas beberapa jenis, diantaranya adalah :

  1. Penyakit parkinson primer terjadi akibat produksi dopamine rendah yang tidak diketahui penyebabnya.
  2. Penyakit parkinson sekunder umumnya disebabkan oleh faktor luar. Contoh efek dari penggunaan obat-obatan anti hipertensi, antiaritmia, obat jantung, antimuntah dll. Obat-obatan tersebut kemudian tersimpan lama dalam tubuh dan berubah menjadi racun bagi tubuh. Selain itu keracunan akibat zat-zat polutan seperti karbonmonoksida, sianida, karbon disulfida, pestisida, dan berbisida dapat merusak sel saraf yang memproduksi dopamine. Infeksi virus, trauma kepala, dan stroke juga dapat menimbulkan penyakit parkinson. Umumnya penyakit parkinson menyerang pada mereka yang berusia lanjut dan kebanyakan menyerang pria akibat dari proses degeneratif.

Penyebab penyakit parkinson muncul

Penyebab Penyakit parkinson terjadi di dalam tubuh kita akaibat dari otak yang mengalami kekurangan zat yang disebut dengan istilah dopamine. Dopamine merupakan salah satu mediator yang dibutuhkan oleh otak untuk bisa mengatur serta bisa mengkoordinasi kapan serta jenis gerakan apa yang harus dilakukan oleh otot kita. kunjungi juga obat herbal parkinson.

Dalam keadaan yang normal, dopamine biasanya dihasilkan dari sel-sel saraf jenis tertentu pada otak, dan jika sel saraf tadi mengalami kerusakan yang membuat produksi dari dopamine mengalami penurunan maka kemampuan dari otak dalam mengendalikan serta mengkoordinasi suatu gerakan juga akan mengalami gangguan dengan munculnya suatu resiko gerakan yang tidak normal. berikut faktor lain penyebab parkinson :

  • Toksin atau racun
  • Faktor keturunan
  • Kepala terluka atau pernah mengalami trauma kepala akibat kecelakaan, benturan dikepala dll.
  • Efek samping dari penggunaan obat-obatan yang dikonsumsi dalam jangka waktu yang cukup lama, seperti obat penyakit hipertensi, obat jantung dan penyakit stroke.

Faktor resiko terjadinya penyakit parkinson adalah :

  • Usia seseorang, umumnya penyakit parkinson menyerang mereka yang berusia lanjut antara 50-70 tahun yang ditambah dengan usia semakin tua kemungkinan untuk mendapatkan penyakit ini juga lama kelamaan akan semakin besar juga.
  • Jenis kelamin, pria biasanya lebih rentan mengalami penyakit parkinson dibandingkan wanita.
  • Merokok, untuk pria yang menjadi perokok aktif juga beresiko besar mengalami penyakit parkinson.
  • Pekerjaan atau profesi, biasanya petani lebih rentan terkena penyakit parkinson karena mereka terpapar pestisida atau juga herbisida yang jumlahnya lebih besar.

Jadi Penyakit Parkinson Lebih Kita Sering temukan pada seseorang yang telah memasuki usia 50 tahun ke atas. dengan mengetahui penyebabnya juga kita dapat mencegah dan meminimalisir terjadinya penyakit parkinson.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *