10 Jenis Penyakit Jantung

Admin BlogHerbal.com | Lain Lain | 157x Dibaca

Telah dijelaskan tentang gejala penyakit jantung, kini 10 jenis penyakit jantung akan kami uraikan buat anda. umumnya kita hanya menyebutnya sebagai “penyakit jantung” saja, terkadang kita lupa jenis-jenis penyakit jantung tersebut, tapi dengan adanya tulisan ini, akan membantu kita untuk mengingat kembali atau mengenal lebih jelas mengenai penyakit jantung.jenis atau macam macam penyakit jantung

Beragam Macam Jenis Penyakit Jantung, Antara lain :

Penyakit Jantung Koroner.
sering kali disebut penyakit jantung saja, terjadi akibat penimbunan plak di pembuluh arteri selama bertahun-tahun. Penimbunan plak itu menghalangi aliran darah di pembuluh arteri.

Inflamasi Jantung.
Penyakit ini terjadi di dinding jantung, selaput yang menyelimuti jantung dan bagian dalam jantung. Hal ini disebabkan oleh racun dan infeksi.

Penyakit Katup Jantung.
Jantung memiliki 4 katup. Jika satu atau lebih dari satu katup jantung tidak bekerja dengan baik, Anda dapat mengalami stroke atau angina. Katup jantung memikiki fungsi untuk mengendalikan aliran darah di dalam jantung. Nah kalau katup jantung mengalami kelainan, hal ini akan menggangu aliran darah tersebut, yakni pengecilan, kebocoran, atau tidak sempurna menutup. Kelainan katup jantung ini bisa merupakan bawaan sejak lahir ataupun karena efek samping pengobatan.

Penyakit Jantung Rematik.
merupakan penyakit jantung yang disebabkan karena kerusakan katup jatung yang diakibatkan oleh demam rematik. Bakteri streptokokus adalah salah satu penyebabnya.

Penyakit Aritmia Jantung
Aritmia memiliki arti ‘irama jantung tidak normal’ diakibatkan oleh gangguan rangsang dan penghantaran rangsang jantung yang berat ataupun ringan.

Penyakit Gagal Jantung.
Gagal jantung merupakan jantung yang tidak mampu lagi memompa darah ke seluruh tubuh secara efektif. Dikatakan gagal bukan karena jantung berhenti bekerja tetapi juga karena jantung tidak bisa memompa sekuat biasanya.

Penyakit Otot Jantung
Kadang-kadang, otot-otot jantung juga dapat melemah. Dalam hal ini, fungsi otot-otot jantung akan melambat sehingga tidak mampu memompa darah yang cukup untuk tubuh.

Gangguan Serebrovaskular.
Terjadinya hambatan dalam sirkulasi darah dari jantung ke otak, kondisi itu disebut penyakit serebrovaskular. Jenis penyakit jantung ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan stroke pada otak.

Infark Miokard Akut.
Infark Miokard merupakan kematian otot jantung yang disebabkan oleh penyumbatan pada arteri koroner. Otot-otot jantung pun akan tidak tersuplai darah sehingga mengalami kerusakan dan bahkan kematian.

Aterosklerosis
Aterosklerosis diakibatkan oleh dinding arteri yang mengalami penebalan karena lemak, kolesterol dan buangan sel lainnya yang mengendap sehingga pasokan darah ke sel-sel otot mengalami penghambatan. Ateroskleroris bisa terjadi di seluruh bagian tubuh. Nah, bila terjadi pada dinding jantung maka akan disebut sebagai penyakit koroner atau penyakit jantung iskemik.

Tak bisa kita pungkiri bahwa jenis-jenis penyakit jantung di atas semuanya berbahaya. akan tetapi bukan berarti tidak mempunyai solusinya, yakinlah semuanya ada. pesan kami “segeralah atasi disaat masih terkena gejalanya dan teruslah berjuang sampai benar-benar sembuh”. alangkah lebih baik kenali tips pencegahan penyakit jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *